Contoh Rpp Kurikulum 2013 Bahan Induksi Matematika
RPP atau Rencana Pelaksanaan Pembelajaran ialah salah satu manajemen yang wajib dimiliki oleh seorang guru. RPP meliputi rencana pembelajaran yang akan dilakukan di kelas biasanya terdiri dari Identitas, Kompetensi (Inti dan Dasar untuk kurikulum 2013), Indikator, Tujuan, Materi, Pendekatan pembelajaran yang dipakai (termasuk Model), Penilaian serta media, alat dan materi yang akan digunakan.
Kali ini saya akan menyebarkan RPP kurikulum 2013 dengan materi Induksi Matematika yang ialah RPP Matematika wajib untuk kelas XII (dua belas) Sekolah Menengan Atas maupun SMK. Berikut ialah RPP-nya
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : Sekolah Menengan Atas ...............
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : XII /Ganjil
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
A. Kompetensi Inti
3. Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif menurut rasa ingin tahunya perihal ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan talenta dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4. Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abnormal terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara berdikari serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan bisa memakai metoda sesuai kaidah keilmuan.
B. Kompetensi Dasar
3.3 Mendeskripsikan prinsip induksi matematika dan menerapkannya dalam pertanda rumus jumlah deret persegi dan kubik
4.3 Mengidentifikasi, menyajikan model matematika dan menuntaskan problem induksi matematika dalam pertanda rumus jumlah deret persegi dan kubik.
C. Indikator Pencapaian Kompetensi
Berdasarkan dimensi pengetahuan, maka IPK dari KD 3.8 ialah sebagai diberikut.
3.3.1 Menyebutkan tahapan pembuktian memakai induksi matematika
3.3.2 Merapkan prinsip induksi matematika dalam pertanda rumus jumlah deret persegi dan kubik
3.3.3 Menerapkan prinsip induksi matematika dalam pertanda verbal matematika
Berdasarkan dimensi keterampilan, maka IPK dari KD 4.5 ialah sebagai diberikut
4.3.1 Menyajikan model matematika dari masalah-masalah induksi matematika
4.3.2 Menyajikan penyelesaian masalah-masalah induksi matematika terkena pembuktian rumus jumlah deret persegi dan kubik.
D. Tujuan Pembelajaran
Tujuan pembelajaran pada ranah pengetahuan ialah sebagai diberikut:
3.3.1 Sesudah berdiskusi dan menggali informasi, penerima didik akan sanggup sebut tahapan pembuktian memakai induksi matematika
3.3.2 Sesudah berdiskusi dan menggali isu penerima didik akan sanggup menerapkan prinsip induksi matematika dalam pertanda rumus jumlah deret persegi dan kubik secara berdikari dengan cermat.
3.3.3 Sesudah berdiskusi dan menggali isu penerima didik akan sanggup menerapkan prinsip induksi matematika dalam menerapkan prinsip induksi matematika dalam pertanda verbal matematika secara berdikari dengan cermat.
Tujuan pembelajaran pada ranah keterampilan ialah sebagai diberikut:
4.3.1 Didiberikan lembar kerja, penerima didik akan sanggup menyajikan model matematika dari problem induksi matematika secara berdikari dengan percaya diri
4.3.2 Didiberikan lembar kerja, penerima didik akan sanggup menyajikan penyelesaian masalah-masalah induksi matematika terkena pembuktian rumus jumlah deret persegi dan kubik secara berdikari dengan cermat.
E. Materi Pembelajaran
Induksi Matematika (dijabarkan lengkap dalam file pdf)
F. Pendekatan, Model dan Metode Pembelajaran
Pendekatan : Saintifik
Model : Problem Based Learning (PBL)
Metode : Diskusi, tanya jawaban, dan pemdiberian tugas
G. Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan | Deskripsi Kegiatan | Alokasi Waktu |
Penlampauan | 1.Siswa bersama guru melaksanakan doa bersama sebelum memulai pembelajaran 2.Siswa didiberikan motivasi oleh guru 3.Siswa didiberikan citra wacana pentingnya pertanda kebenaran suatu pernyataan dalam kehidupan sehari-hari. 4.Siswa diingatkan kembali wacana materi barisan dan deret. 5.Guru memberikan indikator pencapaian kompetensi yang ingin dicapai. 6.Siswa dinformasikan perihal cakupan materi dan proses pembelajaran yang akan dilakukan | 10 menit |
Inti | Fase 1: Mengorientasi siswa kepada masalah 1.Siswa didiberikan klarifikasi terkena Induksi Matematika 2.Siswa didiberikan problem wacana pembuktian suatu pernyataan (rumus) dengan memakai prinsip induksi matematika 3.Siswa mengamati pembuktian suatu pernyataan (rumus) dengan memakai prinsip induksi matematika Fase 2: Mengorganisasikan siswa 1.Siswa membentuk kelompok dimana setiap kelompok terdiri dari 4-5 orang 2.melaluiataubersamaini diskusi kelompok, siswa menuliskan pertanyaan yang diharapkan muncul berkenaan dengan problem yang didiberikan Fase 3: Membimbing penyelidikan individu dan kelompok 1.melaluiataubersamaini berdiskusi kelompok siswa menggali isu dengan mengumpulkan contoh-contoh dari buku siswa ( rujukan 3.8; rujukan 3.9; rujukan 3.10) dan dari sumber lainnya. 2.Guru memfasilitasi siswa untuk bekerja di dalam kelompok, guru memperhatikan dan mendorong tiruana siswa untuk terlibat diskusi, serta membimbing kelompok apabila mengalami kesusahan atau miskonsepsi dalam menuntaskan problem yang didiberikan. 3.Siswa mengasosiasikan/menalar pembuktian induksi matematika dengan merujuk beberapa rujukan pembuktian tersebut. Selama proses pikiran sehat berlangsung, siswa saling bertukar pikiran dengan mitra kelompoknya dan apabila mengalami kesusahan, siswa diperbolehkan menanyakannya kepada guru Fase 4: Mengembangkan dan menyajikan hasil karya 1.Perwakilan dari salah satu kelompok mempresentasikan alhasil di depan kelas dan kelompok lainnya dipersilahkan untuk membandingkan hasil diskusinya. 2.Kelompok yang tidak presentasi menanggapi dan menyempurnakan apa yang dipresentasikan oleh kelompok penyaji. 3.Peserta didik mendengarkan komentar dan masukan (penguatan) dari guru atas presentasi yang sudah disampaikan. Fase 5: Menganalisa dan mengevaluasi proses pemecahan masalah 1.Peserta didik menganalisa masukan,tanggapan dan koreksi dari guru terkait materi penerapan prinsip induksi matematika 2.Siswa melaksanakan refleksi terkait acara pembelajaran yang sudah dilakukan | 60 menit |
Penutup | 1.Siswa dengan bimbingan dari guru menyimpulkan wacana materi yang sudah dibahas. 2.Siswa mengerjakan tes tulis (kuis) yang didiberikan oleh guru 3.Siswa didiberikan PR yang terdapat pada buku siswa 4.Guru memberikan pembelajaran pada pertemuan diberikutnya 5.Guru mengakhiri acara pembelajaran dengan salam. | 20 menit |
H. Penilaian Pembelajaran, Remedial, dan Pengayaan
(Dijabarkan lengkap dalam file pdf)
I. Media, Alat, Bahan, danSumberBelajar
1. Alat/Bahan : LKS
2. Media : Papan Tulis, Spidol, Penghapus, LCD
3. Sumber Belajar :
a. Buku Siswa Kelas XII, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014
b. Buku Guru Kelas XII Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014
c. Internet
Mengetahui Indonesia, .........
Kepala SMA/SMK ... Guru Mata Pelajaran
(.........................) (......................)
Untuk RPP yang lengkap sanggup diakses di sini, supaya bermanfaa.
0 Response to "Contoh Rpp Kurikulum 2013 Bahan Induksi Matematika"
Posting Komentar