Rambu – Rambu Pemilihan Model Pembelajaran (Model Penyingkapan/Penemuan , Model Hasil Karya) Dan Pola Penentuan Model Pembelajaran Pada Kurikulum 2013 Revisi
 RAMBU – RAMBU PEMILIHAN MODEL PEMBELAJARAN
  (Model Penyingkapan/Penemuan , Model Hasil Karya)
  dan CONTOH PENENTUAN MODEL PEMBELAJARAN
  Pada kurikulum 2013 Revisi
  1.  Rambu-Rambu Pemilihan Model  Penyingkapan/Penemuan
  ·                  * Pernyataan KD dari KI-3 dan KD dari KI-4 mengarah ke pencarian atau penemuan; 
  ·                 * Pernyataan KD dari KI-3 lebih menitikberatkan pada pemahaman pengetahuan faktual,     
               konseptual, prosedural dan dimungkinkan  sampai metakognitif 
  ·                 * Pernyataan KD dari KI-4 pada taksonomi mengolah dan menalar 
  2.    Rambu-Rambu Pemilihan Model Hasil Karya (Pbl, Pjbl, Pbt)
  •      Pernyataan KD dari KI-3 dan KD dari KI-4 mengarah pada hasil karya berbentuk jasa atau produk; 
  •         Pernyataan KD dari KI-3 pada bentuk pengetahuan metakognitif; 
  •         Pernyataan KD dari KI-4 pada taksonomi menyaji dan mencipta, dan 
  •        Pernyataan KD dari KI-3 dan KD daari KI-4 yang memerlukan persyaratan penguasaan pengetahuan konseptual dan prosedural. 
  3. misal  Penentuan Model Pembelajaran
 |  Kompetensi  |  Model   Pembelajaran  |  Keterangan  | 
|  KD.3.2   Menerapkan    pengetahuan pengelolaan info digital melalui memanfaatkan   komunikasi daring (online).  |  Model   Pembelajaran Discovery Learning  |  a. KD-3.2 menitikberatkan pada   pemahaman  pengetahuan konseptual dan   prosedural.   b.KD 4.2 Pernyataan KD-4 pada   taksonomi keterampilan kongkret pada gradasi membiasakan gerakan atau   manipulasi.  | 
|  KD.4.2   Menyajikan hasil penerapan pengelolaan   info digital melalui komunikasi daring (online).  | 
0 Response to "Rambu – Rambu Pemilihan Model Pembelajaran (Model Penyingkapan/Penemuan , Model Hasil Karya) Dan Pola Penentuan Model Pembelajaran Pada Kurikulum 2013 Revisi"
Posting Komentar