Rpp Agama Kristen Contoh
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
NAMA SEKOLAH : ..........................................................
ALAMAT SEKOLAH : ……...................................................
MATA PELAJARAN : PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN
KELAS / SEMESTER : II / II
BULAN / MINGGU KE : PEBRUARI / MINGGU KE – 2
ALOKASI WAKTU : 3 X 35 MENIT
I. STANDAR KOMPETENSI :
2. Menerapkan makna mencintai dan menghargai insan dalam kepelbagian dan perbedaan yang ada
II. KOMPETENSI DASAR :
Menghargai mitra dan guru serta sesama tanpa memandang perbedaan
III. TUJUAN / INDIKATOR PEMPELAJARAN :
· Menjelaskan teladan kemampuan dan bakat ( bakat ) yang dimiliki setiap anak
· Menceritakan kemampuan dan bakat serta perbedaan yang dimiliki oleh ke dua belas anakdidik Tuhan Yesus
· Menyebutkan nama-nama ke dua belas ( 12 ) anakdidik Tuhan Yesus
· Menerapkan teladan perilaku yang sanggup dicontoh dari kehidupan para anakdidik
· Menjelaskan perilaku Tuhan Yesus dengan perbedaan yang dimilki para anakdidik
· Menerapkan perilaku yang dilakukan Tuhan Yesus terhadap para anakdidikNya
· Menanggapi perbedaan yang dimiliki anakdidik Tuhan Yesus
· Mempraktekkan Menghargai mitra dan orang lain
· Mempraktekkan perilaku Menghargai Guru
· Mengajak anak bernyanyi lagu “ Ada 12 Murid’’
· Menghafalkan syair lagu “ Ada 12 Murid “
IV. MATERI PEMBELAJARAN :
- Tuhan menghargai kemampuan dan bakat setiap orang
· Pengertian Talenta
Talenta ialah Bakat atau kemampuan yang didiberikan Tuhan kepada seseorang
· Asal Bakat atau kemampuan
Asal bakat atau kemampuan yang dimiliki seseorang ialah dari Tuhan
· misal-contoh bakat/ kemampuan yang dimiliki seseorang
misal contoh bakat/ kemampuan yang dimiliki seseorang , contohnya : Pandai bernyanyi, memainkan alat musik, menari, melukis, berilmu bermain sepak bola, (dan masih banyak lagi )
· misal perilaku menanggapi perbedaan bakat atau kemampuan seseorang
Harus mau saling menghargai, menghormati, mendapatkan dengan baik sebab tiruana itu ialah anugerah Tuhan
· Nama-nama ke dua belas anakdidik Tuhan Yesus
Simon, Yakub, Yohguas, Andreas, Filipus, Bartolomius, Matius,Thomas, Tadeus, Yakub anak Alfius, Simon orang Zelot, Yudas Iskaryot
· Meneladani Tuhan Yesus terhadap perbedaan bakat/ kemampuan anakdidikNya
Menghargai, mendapatkan dengan baik perbedaan kemampuan yang dimiliki anakdidikNya
· misal perilaku menghargai mitra dan orang lain
Tidak boleh iri terhadap bakat / kemampuan yang dimiliki orang atau mitra lain, Ikut merasa bahagia dan bersyukur atas bakat/ kemampuan yang dimiliki mitra atau orang lain.
· misal perilaku menghargai guru
Memperhatikan guru saat mengajar, menyapa guru jikalau bertemu, bersikap tingkah laku, berkata
Yang sopan terhadap guru
· Menyanyikan lagu ada 12 anakdidik
V. METODE PEMBELAJARAN
: Ceramah, Tanya – Jawab, Penugasan, Permainan
VI. SUMBER / ALAT :
- Buku cetak BPK. Gunung Mulia Jakarta
- Alkitab : Markus 1 : 16-20, 3 : 13-19
- Gambar Pgual ke 12 anakdidik Tuhan Yesus
VII. KEGIATAN PEMBELAJARAN
1. Kegiatan Awal :
- Mengucapkan salam
- Mengajak belum dewasa bernyanyi lagu Rohani “ Selamat Pagi Bapa“
- Membuka pelajaran dengan berdoa
- Apersepsi ( Bertanya kabar siswa, mengabsensi siswa )
- Motivasi : Menjelaskan tujuan pembelajaran, mengatakan gambar ke 12 anakdidik Tuhan Yesus.
- Kegiatan Inti :
a. Eksplorasi
- Guru bertanya kepada anakdidik ihwal macam-macam pekerjaan orang
- Guru bertanya kepada anakdidik “ siapa saja nama- nama ke- 12 anakdidik Tuhan Yesus
- Guru bertanya-jawaban dengan siswa ihwal nama anakdidik Tuhan Yesus yang pekerjaannya pemungut cukai, maupun penjala ikan.
- Guru mempersembahkan klarifikasi ihwal bakat, pekerjaan, kemampuan yang didiberikan Tuhan semoga dipakai atau dimanfaatkan bagi kemuliaan nama Tuhan , untuk menolong sesama, dan bermanfaa bagi diri sendiri juga.
- Guru menerangkan perilaku Tuhan Yesus terhadap anakdidik-anakdidikNya walaupun tidak sama-beda.
- Guru mengambarkan perilaku para anakdidik Tuhan Yesus terhadap anakdidik yang lain yang tidak sama bakatnya atau kemampuannya.
- Guru mengambarkan teladan contoh perilaku yang baik terhadap guru
- Mengajar/ menugaskan untuk bernyanyi lagu ada 12 anakdidik
b.Elaborasi
- Siswa menjawaban, kemudian guru kembali mempersembahkan klarifikasi ihwal jenis dan macam-macam pekerjaan orang
- Siswa Menyebutkan nama- nama ke –12 anakdidik Tuhan Yesus
- Menyebutkan beberapa teladan pekerjaan yang dilakukan para anakdidik Yesus sebelum mengikut Tuhan Yesus menjadi anakdidikNya
- Siswa sebut contoh-contoh perilaku menghargai kawan
- Peserta didik menjawaban pertanyaan ihwal teladan perilaku menghormati guru
- Menyebutkan jenis pekerjaan yang berkenan bagi Tuhan, maupun yang tidak berkenan bagiNya.
- Secara individual siswa mengerjakan Tugas Fortofolio.
- Peserta didik mengumpulkan hasil Tugas Fortofolio kepada Guru
c. Konfirmasi
- Memdiberikan waktu kepada anakdidik untuk bertanya
- Guru mempersembahkan catatan
- Guru mempersembahkan konfirmasi dan penguatan
3.Penutup
- Mengajak anak bernyanyi “ Tanganku Kerja Buat Tuhan “
- Penilaian Tugas
- Memdiberikan Pekerjaan Rumah / PR
- Menutup Pelajaran dengan berdoa .
VIII. PENILAIAN
- Tertulis
- Pengamatan Sikap
- Fortofolio
IX. SOAL LATIHAN / PERTANYAAN
Jawablah soal di bawah ini dengan tepat !
1. Sebutkan 10 jenis pekerjaan orang yang engkau ketahui !
2. Sebutkan 12 nama –nama anakdidik Tuhan Yesus !
3. Siapa nama anakdidik Tuhan Yesus yang pekerjaannya menagkap ikan ?
4. Apa pekerjaan matius sebelum mengikut Yesus ?
5. Bagaimana perilaku yang baik terhadap mitra yang ndeso dalam pekerjaan ?
X. KUNCI JAWABAN LATIHAN SOAL
1. petani, sopir, pedagang, guru, dokter, perawat, nelayan, tentara, polisi, tukang bangunan
2. Simon Petrus, Yakub, Yohguas, Andreas, Filipus, Bartolomius, Matius, Thomas, Tadeus, Yakub anak Alfius, Simon Kirene dan Yudas Iskoryot
3. Simon Petrus, Yakub, Yohguas
4. pemungut cukai
5. tetap menghargainya
SKOR / NILAI : BETUL X 2 = 5 X 2 = 10
XI. SOAL UNTUK PR DI RUMAH
1. Tuhan …………………… kemampuan dan bakat setiap orang.
2. orang yang bakatnya menonjol dan tidak , tetap dikasihi oleh ……………
3. melaluiataubersamaini kemampuan kita, kita sanggup ………………………. Orang lain.
4. Kita harus ulet dan ……………… latihan semoga bakat dan kemampuan kita berkembang.
5. melaluiataubersamaini kemampuan kita, kita harus mengucap …………….. kepada Tuhan.
Jawaban PR
1. menghargai
2. Tuhan
3. menolong
4. rajin
5. syukur
Mengetahui : Jakarta, …………………
Kepala Sekolah Guru Agama Kristen
.................................................. .........................................................
NIP. ....................................... NIP. ................................................
LAMPIRAN GAMBAR
R P P
KELAS / SEMESTER : II ( DUA )
LAMPIRAN LAGU ‘ ADA 12 MURID
R P P
KELAS / SEMESTER : II ( DUA )
LEMBAR TUGAS
PORTOFOLIO
|
|
KELAS : II ( DUA )
HARI / TANGGAL : ……………………………
NAMA : ……………………………
I. LENGKAPI SOAL DI BAWAH INI !
Isilah dengan singkat, Jelas dan Tepat !
- Tuhan …………….. kemampuan dan bakat setiap anak.
- orang yang bakatnya menonjol dan tidak, dikasihi …………….
- melaluiataubersamaini kemampuan kita, kita sanggup ……………………. Orang lain.
- Kita harus ulet dan ………………….. latihan semoga bakat dan kemapuan kita berkembang.
- Denagn kemampuan kita, kita harus mengucapkan ……………………………..
Jawaban :
1. ……………………………………………………
2. ……………………………………………………
3. ……………………………………………………
4. ……………………………………………………
5. ……………………………………………………
AYAT HAFALAN
Carilah di Alkitabmu kitab Matius 28 : 19 – 20, Tulis isinya di bawah ini !
…………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………..
0 Response to "Rpp Agama Kristen Contoh"
Posting Komentar