Silabus Agama Kristen Berkarakter ( Edit Lagi Ya )
SILABUS PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN SEKOLAH DASAR ( SD ) BERKARAKTER
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Kristen
Kelas / Semester : I / I MENYANYI DAN BERDOA
Standar Kompetensi : Menerima dan mensyukuri keberadaan dirinya dalam korelasi dengan ciptaan lainnya.
Waktu : 32 Jam
Kompetensi Dasar | Hasil Belajar | Indikator | Karakter Budaya Bangsa | Materi Pokok | Pengalaman Belajar | Alokasi Waktu | Sumber / Bahan/ Alat | Penilaian |
1 | 2 | 3 | | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 |
1. Siswa bisa mendapatkan keberadaan dirinya sebagai pemdiberian Allah | 1. Siswa mendapatkan dirinya sebagai pemdiberian Allah dengan cara merawat tubuhnya, menghargai dirinya serta memiliki karakter yang baik Terhadap bangsa dan negara | 1. Bersyukur pada Allah atas keberadaan dirinya melalui doa dan nyanyian. 2. Menceritakan keberadaan dirinya sebagai ciptaan Allah 3. Bersuka cita atas keberadaan dirinya 4. Hidup membersihkan dan teratur | · Religius · jujur · Santun · Disiplin · Tanggung- Jawab · Cinta Ilmu · Ingin tahu · Percaya diri · Menghargai keberagaman · Patuh pada aturan · Sosial · Bergaya hidup sehat · Sadar akan hak dan kewajiban · Bekerja keras · Adil | 1. Memuji Allah melalui Nyanyian 2. Memuji Allah melalui doa 3. Memuji Allah melalui nyanyian dan doa dengan benar 1. Manusia pertama ciptaan Allah yang paling mulia 1. Fungsi anggota tubuh 2. Hubungan anggota tubuh 1. Kemembersihkanan badan | 1.1 Menyebutkan alasan perlu mensyukuri keberadaan dirinya 1.2 Menceritakan cara bersyukur melalui pemeliharaan tubuhnya 1.3 Mempraktekkan cara berdoa dan bernyanyi dengan benar 2.1 Bersyukur melalui nyanyian dan doa 2.2 Menyebutkan beberapa pola ciptaan Allah 2.3 Menceritakan keberadaan dirinya sebagai ciptaan Allah 2.4 Mengamati ciptaan Allah yang ada di sekitar sekolah 2.5 Mengakui bahwa dirinya yaitu ciptaan Allah 3.1 Menggambarkan dirinya sebagai ciptaan Allah 3.2 Menceritakan fungsi dan kegunaan anggota tubuhnya sebagai ciptaan Allah dalam kehidupan sehari-hari 3.3 Bersuka cita atas keberadaan dirinya melalui nyanyian 4.1 Menyebutkan alasan perlunya hidup membersihkan 4.2 Menceritakan pengalaman mememembersihkankan diri dan kesusahan yang di hadapi 4.3. Mengemukakan pendapat wacana ancaman kalau hidup kotor: contohnya muncul penyakit. 4.4 menyukai hidup membersihkan melalui cara menggunakan baju, sepatu, tas buku yang membersihkan | 4 Jam 4 Jam 4 Jam 4 Jam 4 Jam | Sumber : · Alkitab · Buku nyanyian anak ·Buku teks ·Pengalaman siswa Alat : · Gambar,radio, tape, · kaset lagu rohani, · alat musik daerah, · Perlengkapan mengambar | · Lisan/tertulis · Penampilan · Unjuk kerja · Unjuk Karya |
Kompetensi Dasar | Hasil Belajar | Indikator | Karakter Budaya Bangsa | Materi Pokok | Pengalaman Belajar | Alokasi Waktu | Sumber / Bahan/ Alat | Penilaian |
1 | 2 | 3 | | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 |
2.Siswa mampu Menjawaban kasih Allah dengan cara mengasihi keluarga | 1. Siawa mensyukuri kasih Allah dengan cara | 1. Menjelaskan makna pemeliharaan Allah atas keluarganya dan sebagai anak bangsa dengan cara hidup disiplin, bertanggung-jawaban, saling menghormati perbedaan , mau hidup gotong-royong serta bersikap tingkah laris yang baik. 2. Mensyukuri kasih Allah yang di alami dalam keluarga 3. Mengasihi anggota keluarga 4. Menjawaban kasih orang renta melalui perbuatan baik | · Religius · jujur · Santun · Disiplin · Tanggung- Jawab · Cinta Ilmu · Ingin tahu · Percaya diri · Menghargai keberagaman · Patuh pada aturan · Sosial · Bergaya hidup sehat · Sadar akan hak dan kewajiban · Bekerja keras · Adil | 1. Tanggung Jawab anggota keluarga 2. Hak dan kewajiban anggota keluarga 3. Saling mengasihi diantara anggota keluarga 4. misal perbuatan baik dan buruk | 1.1 Menyebutkan beberapa alasan mengapa insan perlu dipelihara hidupnya oleh Allah 2.1 Menceritakan cara orang renta merawat dirinya ibarat Allah merawat dirinya 3.1 Berm ain drama tetntang tanggung balasan sebagai anggota keluarga 4.1 Mengakui dirinya membutuhkan pemeliharaan Allah semoga hidupnya sehat 5.1 Menghormati perbedaan yang ada di dalam keluarga 2.1 Menyebutkan wujud kasih yang dirasakan dari orang renta sebagai kasih Allah. 2.2 Menceritakan pengalamannya dikasihi dalam keluarganya 2.3 Bersyukur melalui doa atas kasih Allah kepada keluarganya 3.1 Menyebutkan alasan mengapa harus mengasihi anggota keluarga 3.2 Menceritakan pengalamannya mengasihi anggota keluarga, contohnya memmenolong orang tua, saling memmenolong, memdiberi kado dll. 3.3 Mempraktekkan Siakp Saling menghormati, hidup bergotong royong yang ialah ciri khas bangsa Indonesia dalam keluarga . 3.4 Mengasihi anggota keluarga 4.1 Menyebutkan alasan mengapa perlu bersyukur atas kehadiran keluarga bagi dirinya 4.2 Menceritakan kesusahan kalau tidak mempunyai keluarga yang mengasihinya 4.3 Mengamati kehidupan keluarga yang mengasihinya serta melaksanakan perbuatan yang baik 4.4 Menuruti nasehat orang tua | 4 jam 4 jam 4 jam | Sumber : · Alkitab · Buku nyanyian anak ·Buku teks ·Pengalaman siswa Alat : · Gambar,radio, tape, · kaset lagu rohani, · alat musik daerah, · Perlengkapan mengambar | · Lisan/tertulis · Penampilan · Unjuk kerja · Unjuk Karya |
SILABUS PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN SEKOLAH DASAR ( SD )
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Kristen
Kelas / Semester : I / 2
Standar Kompetensi : Menerima dan mensyukuri keberadaan dirinya dalam korelasi dengan ciptaan lainnya..
Waktu : 32 Jam
Kompetensi Dasar | Hasil Belajar | Indikator | Karakter Budaya Bangsa | Materi Pokok | Pengalaman Belajar | Alokasi Waktu | Sumber / Bahan/ Alat | Penilaian |
1 | 2 | 3 | | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 |
3. Siswa bisa mensyukuri alam ciptaan Tuhan 4. Siswa bisa mensyukuri hidup bersama dengan orang lain | 1.Siswa bisa mensyukuri ciptaan Allah dengan cara memelihara alam ciptaan Allah 1. Siswa menunjukkan sikap saling membutuhkan orang lain dalam hidupnya 2. Siswa membangun kehidupan bersama orang lain dalam hidup eksklusif perkawanan dan perteman dekatan | 1. Menceritakan bahwa Allah pencipta bumi dan segala isinya 2. Memelihara ciptaan Allah di lingkungan nya 1. Bersyukur bahwa Allah membuat manuisia tidak sendirian 2. Menjelaskan bahwa setiap orang membutuhkan orang lain dalam hidupnya 1. Memenrima keberadaan orang lain yang tidak sama dengan dirinya | · Religius · jujur · Santun · Disiplin · Tanggung- Jawab · Cinta Ilmu · Ingin tahu · Percaya diri · Menghargai keberagaman · Patuh pada aturan · Sosial · Bergaya hidup sehat · Sadar akan hak dan kewajiban · Bekerja keras · Adil | 1. Allah membuat bumi dan segala isinya 1. Pemeliharaan ciptaan Allah 1. Teknik Bersyukur 1. Saling membutuhkan ( pola Kejujuran ) 1. Menghargai perbedaan | 1.1 Menyebutkan ciptaan Allah wacana alam semesta 1.2 Membedakan ciptaan Allah dengan buatan insan 1.3 Bersyukur atas alam semesta ciptaan Allah yang terus dipelihara 2.1 Menyebutkan ciptaan Allah yang ada di sekitar sekolah dan rumahnya 2.2 mempraktekkan pengalamannya memelihara ciptaan Allah, contohnya hewan keakungan, tanaman dan laian-lain. 2.3 menghargai dan memelihara ciptaan Allah yang ada dilingkungannya - Menyebutkan alasan mengapa dirinya memerlukan mitra dan saudara -Bermain drama wacana perlunya hidup bersama dengan orang lain -Bersyukur melalui nyanyian kepada Allah alasannya yaitu dirinya tidak sendirian -Menyebutkan mengapa dirinya membutuhkan orang lain ( mitra , dll) -Menceritakan pengalaman kalau tidak mempunyai mitra atau sobat dekat -Bermain drama wacana hidup yang saling menghargai dan tolong menolong -Mengakui bahwa dirinya membutuhkan mitra dan sobat dekat -Menyebutkan pola sikap berkawan dan berteman bersahabat yang benar -Menceritakan pengalamannya mempunyai sobat bersahabat dan kawan -Bermain kiprah wacana hidup bersama dalam perbedaan -Membangun perteman dekatan dan perkawanan di sekolah | 6 Jam 6 jam 6 Jam 6 jam | Sumber : · Alkitab · Buku teks · Pengalaman siswa Alat : · Gambar | · Lisan / tertulis · Penampilan · Unjuk kerja · Unjuk Karya |
SILABUS PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN SEKOLAH DASAR ( SD )
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Kristen
Kelas / Semester : II / I
Standar Kompetensi : Mendeskripsikan arti mensyukuri pemeliharaan Allah dalam kehidupan komunitas keluarga dan mengatakan syukur melalui tanggung-jawabannya
dalam kelurga.
Waktu : 32 Jam
Kompetensi Dasar | Hasil Belajar | Indikator | Karakter Budaya Bangsa | Materi Pokok | Pengalaman Belajar | Alokasi Waktu | Sumber / Bahan/ Alat | Penilaian |
1 | 2 | 3 | | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 |
5. Siswa bisa mensyukuri kepelbagaian budaya, suku, agama dan bangsa 6. Siswa bisa mengasihi mitra dan guru di sekolah dengan benar | 5. Siswa mensyukuri kenyataan –kenyataan pluralisme yang ada Siswa bergaul, mengasihi tiruana orang tanpa melihat perbedaan yang ada | 1. Menyebutkan bermacam-macam suku bagsa,agama dan bahasa di Indoonesia 2. Menyebutkan beberapa bangsa 2. Menceritakan bahwa Allah menyayangi tiruana suku dan bangsa 1. Mempraktekkan sikap mengasihi kawan-kawan yang berasal dari banyak sekali latar belakang | · Religius · jujur · Santun · Disiplin · Tanggung- Jawab · Cinta Ilmu · Ingin tahu · Percaya diri · Menghargai keberagaman · Patuh pada aturan · Sosial · Bergaya hidup sehat · Sadar akan hak dan kewajiban · Bekerja keras · Adil | Berbagai macam suku, bangsa , agama dan bahasa Beberapa macam nama bangsa di dunia, khususnya yang ada di Indonesia Tuhan mengasihi tiruana bangsa Berkawan tanpa membedakan latar belakang | 1.1 Menyebutkan bermacam-macam suku, bangsa, bahsa dan agama 1.2 Menceritakan pengalamannya mempunyai mitra dan saudara yang tidak sama suku, bangsa, agama 1.3 Bersayukur melalui nyanyian bahwa dirinya bersama dengan orang lain tidak sama. 2.1 Menyebutkan nama macam-macam bangsa 2.2 Mencritakan ciri khas yang membedakan satu bangsa dengan bangsa lain 2.3 Bermain drama wacana sikap yang sempurna terhadap bangsa-bangsa yang adas disekitarnya 2.4 Menghargai perbedaan tiap bangsa 3.1 Menyebutkan alasan mengapa perlu menghargai bangsa-bangsa ciptaan Allah 3.2 Bernyanyi dengan gerakan tangan dan kaki bahwa Allah menyayangi tiruana bangsa. 3.3 Bermain kiprah wacana perlunya saling mengasihi diantara bangsa-bangsa 3.4 Memiliki sikap saling mengasihi antara bangsa-bangsa 1.1 sebut contah bagaimana sikap seorang siswa kristen dalam berkawan dengan tidak sama latar belakangnya 1.2 Menceritakan pengalaman yang pernah dialaminya dengan mitra yang tidak sama latar belakangnya | 7 Jam 7 Jam 7 jam | Sumber : · Alkitab · Buku teks · Pengalaman siswa Alat : · Gambar | · Lisan / tertulis · Penampilan · Unjuk kerja · Unjuk Karya |
Kompetensi Dasar | Hasil Belajar | Indikator | Karakter Budaya Bangsa | Materi Pokok | Pengalaman Belajar | Alokasi Waktu | Sumber / Bahan/ Alat | Penilaian |
1 | 2 | 3 | | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 |
| | 2. Bergaul dengan tiruana mitra tanpa memilih-milih 3. Menjalin perteman dekatan dengan kawan-kawan 4. Mengasihi tiruana orang tanpa melihat perbedaan yang ada | · Religius · jujur · Santun · Disiplin · Tanggung- Jawab · Cinta Ilmu · Ingin tahu · Percaya diri · Menghargai keberagaman · Patuh pada aturan · Sosial · Bergaya hidup sehat · Sadar akan hak dan kewajiban · Bekerja keras · Adil | Berkawan tanpa membedakan latar belakang Bergaul dengan tiruana mitra tanpa memilih-milih Menghargai Perbedaan Mengasihi tiruana orang | 1. 3 Mewarnai gambar wacana perlunya saling mengasihi dengan mitra yang tidak sama latar belakang 1.4 Mengasihi mitra tanpa membedakan latar belakang 2.1 Menyebutkan nama mitra dan sobat dekatnya 2.2 Menceritakan pengalaman wacana sikap bergaul yang baik 2.3 Bersyukur mempunyai kawan melalui nyanyian wacana perteman dekatan dengan tiruana kawan-kawannya Menyebutkan alasan perlunya menjalin perteman dekatan Menceritakan makna perteman dekatan dengan kawan-kawannya Bermain simulasi wacana perteman dekatan Membangun korelasi persdahabtan dengan kawan-kawannya Menyebutkan alasan pentingnya mengasihi sesasma Bermainperan wacana orang Samaria yang baik hati Menceritakan kepada siapa saja dirinya pernah mengatakan kasihnya Mengasihi tiruana orang tanpa membeda-bedakan | 6 Jam 6 jam 7 jam | Sumber : · Alkitab · Buku teks · Pengalaman siswa Alat : · Gambar | · Lisan / tertulis · Penampilan · Unjuk kerja · Unjuk Karya |
SILABUS PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN SEKOLAH DASAR ( SD )
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Kristen
Kelas / Semester : II / 2
Standar Kompetensi : Menerapkan arti mengasihi dan menghargai insan dalam kepelbagaian dan perbedaan yang ada
Waktu : 32 Jam
Kompetensi Dasar | Hasil Belajar | Indikator | Karakter Budaya Bangsa | Materi Pokok | Pengalaman Belajar | Alokasi Waktu | Sumber / Bahan/ Alat | Penilaian |
1 | 2 | 3 | | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 |
7. Siswa bisa menghargai mitra dan guru tanpa memandang perbedaan 8. Siswa bisa menolong orang yang sedang menderita / kesusahan yang ada disekitarnya | 1. Siswa menyadari bahwa Allah mengasihi tiruana orang tanpa terkecuali 2. Siswa mendapatkan perbedaan tiap orang dan menghargainya 1. Siswa sanggup mengatakan sikap simpati dan tenggang rasa pada orang yang menderita 2. Siwa mempersembahkan dukungan pada orang yang membutuhkan dukungan | 1. Menjelaskan bahwa orang kaya dan orang miskin dikasihi Allah 1. mempraktekkan sikap sanggup mendapatkan perbedaan tiap orang dari perbuatan, kemampuan dll 1. menerangkan arti/ makna tenggang rasa dan simpati 2. Menjelaskan bahwa setiap orang membutuhkan orang lain dalam hidupnya | · Religius · jujur · Santun · Disiplin · Tanggung- Jawab · Cinta Ilmu · Ingin tahu · Percaya diri · Menghargai keberagaman · Patuh pada aturan · Sosial · Bergaya hidup sehat · Sadar akan hak dan kewajiban · Bekerja keras · Adil | 1. misal orang miskin dan orang kaya dikasihi Allah 1. Sikap sanggup mendapatkan 1. misal tenggang rasa dan simpati 2. Makna tenggang rasa dan simpati | Mengidentifikasi wacana orang kaya dan miskin 1.2 Membedakan orang miskin dan orang kaya dari gambar yang disiapkan guru 1.3 Menjelaskan ada orang miskin dan orang kaya 1.4 Memperagakan sikap yang harus dimiliki orang kaya kepada orang miskin 1.5 percaya bahwa setiap orang miskin dan kaya dikasihi oleh Allah 1.1 Mengidentifikasi perbedaan dirinya dengan kawan-kawannya 1.2 Menyesuaikan diri dengan perbedaan yang ada di lingkungannya 1.3 Menyetujui dan menghargai perbedaan 1.1 menuliskan arti sikap tenggang rasa dan simpati 1.2 menunjukkan sikap tenggang rasa dan simpati dari ganbar yang disiapkan oleh guru 1.3 menuliskan pola sikap tenggang rasa dan simpati terhadap kawannya yang kehilangan 1.4 mengatakan sikap tenggang rasa dan simpati terhadap sesamanya 1.5 memilki sikap simpati dan tenggang rasa terhadap kawannya yang menderita 2.1 menuliskan kepada siapa saja bersikap tenggang rasa dan simpati 2.2 memdiberi alasan mengapa berempati dan simpati terhadap sesama 2.3 meyakini bahwa sikap tenggang rasa dan simpati membina kebersamaan 2.4 Menunjukkan sikap tenggang rasa dan simapti terhadap sesama | 6 Jam 6 jam 6 jam 6 jam | Sumber : · Alkitab · Buku teks · Pengalaman siswa Alat : · Gambar | · Lisan / tertulis · Penampilan · Unjuk kerja · Unjuk Karya |
Kompetensi Dasar | Hasil Belajar | Indikator | Karakter Budaya Bangsa | Materi Pokok | Pengalaman Belajar | Alokasi Waktu | Sumber / Bahan/ Alat | Penilaian |
1 | 2 | 3 | | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 |
| | 3. .Berempati dan simpati dengan penderitaan orang lain disekitarnya | · Religius · jujur · Santun · Disiplin · Tanggung- Jawab · Cinta Ilmu · Ingin tahu · Percaya diri · Menghargai keberagaman · Patuh pada aturan · Sosial · Bergaya hidup sehat · Sadar akan hak dan kewajiban · Bekerja keras · Adil | 3. Saling membutuhkan 4. Peduli terhadap penderitaan orang lain | Menuliskan alasan insan saling membutuhkan Menggambarkan insan yang hidup sendirian Menuliskan hubungannya dengan anggota keluarganya dan orang lain Menunjukkan saling membutuhkan dengan tiruana orang dari berbagai profesi 4.1 menunjukkan sikap peduli terhadap orang lain dari gambar yang disiapkan guru 4.2 Menuliskan bentuk-bentuk penderitaan yang dialami manusia 4.3 Menuliskan bentuk kepedulian terhadap banyak sekali jenis penderitaan 4.4 Memposisikan dirinya sebagai anak yang peduli terhadap penderitaan orang lain | 6 jam 6 jam | Sumber : · Alkitab · Buku teks · Pengalaman siswa Alat : · Gambar | · Lisan / tertulis · Penampilan · Unjuk kerja · Unjuk Karya |
SILABUS PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN SEKOLAH DASAR ( SD )
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Kristen
Kelas / Semester : I I I/ 1
Standar Kompetensi : Mendeskripsikan arti mensyukuri pemeliharaan Allah dalam kehidupan komunitas keluarga dan mengatakan syukur melalui tanggung balasan dalam keluarga
Waktu : 32 Jam
Kompetensi Dasar | Hasil Belajar | Indikator | Karakter Budaya Bangsa | Materi Pokok | Pengalaman Belajar | Alokasi Waktu | Sumber / Bahan/ Alat | Penilaian |
1 | 2 | 3 | | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 |
9. Siswa mampu mensyukuri pemeliharaan Allah pada setiap anggota keluarga dan sesama manusia | 1. Siswa mnembangun korelasi kasih didalam keluarganya 2. Siswa mensyukuri pemeliharaan Allah terhadap sesama dengan cara sebut pola pemeliharaan Allah pada insan dan tanggung jawabannya terhadap pemeliharsaan Allah | 1. Menjelaskan kiprah masing-masing anggota keluarga kristen dalam mensyukuri pemeliharaanNya 2. mempraktekkan sikap saling mengasihi di dalam keluarga 3. Menyebutkan beberapa pola pemeliharaan Allah kepada manusia 4. Mempraktekkan tanggapan insan terhadfap pemeliharaan Aallah | · Religius · jujur · Santun · Disiplin · Tanggung- Jawab · Cinta Ilmu · Ingin tahu · Percaya diri · Menghargai keberagaman · Patuh pada aturan · Sosial · Bergaya hidup sehat · Sadar akan hak dan kewajiban · Bekerja keras · Adil | 1. Konsep kiprah anggota keluarga masing-masing. 2. Peran masing-masing anggota kerluarga 1. merencanakan acara untuk menyatakan kasih kepada anggota keluarga 1. pola pemeliharaan Allah pada manusia 1. menceritakan pola tindakan kasih yang sudah dilakukan dalam keluarga | 1.1 Mewnuliskan bentuk tanggung balasan sebagai anggota keluarga 1.2 bermain kiprah wacana sikap dan tanggung balasan sebagai anggota keluarga 1.3 menghormati anggota keluarganya melalui sikap dalam kehidupan sehari-hari 1.1 Menuliskan hak dan kewajiban anggota keluarga 1.2 mengatakan bentuk hak dan kewajiban sebagai anggota keluarga 1.3 menyadari hak dan kewajiban sebagai anggota keluarga 1.1 sebut pengalaman dipelihara Allah 1.2 menceritakan pengalamannya dipelihara Allah 1.3 Bersyukur kepada Allah atas pemeliharaannya melalui doa dan nyanyian 1.1 menuliskan ayat nas atau puisi atas pemeliharaan Allah 1.2 mengatakan sikap terhadap pemeliharaan Allah terhadap dirinya 1.3 menyatakan kesetiaannya terhadap pemeliharaan Allah 1.4 bersyukur atas pemeliharaan Allah dalam keluarga 1.5 Rajin membaca Injil atas pemeliharaan Tuhan | 6 Jam 6 jam 6 jam 6 jam | Sumber : · Alkitab · Buku teks · Pengalaman siswa Alat : · Gambar | · Lisan / tertulis · Penampilan · Unjuk kerja · Unjuk Karya |
Kompetensi Dasar | Hasil Belajar | Indikator | Karakter Budaya Bangsa | Materi Pokok | Pengalaman Belajar | Alokasi Waktu | Sumber / Bahan/ Alat | Penilaian |
1 | 2 | 3 | | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 |
10. Siswa bisa mempersembahkan yang tyerbaik bagi keluarga | Siswa berperilaku saling menghormati dengan anggota keluarga dalam kehidupan sehari-hari | 1. menghormati orang renta dengan sungguh-sungguh 2. Menjalani kehidupan sehari-hari dengan teratur 3. berperilaku yang menyukakan seluruh anggota keluarga | · Religius · jujur · Santun · Disiplin · Tanggung- Jawab · Cinta Ilmu · Ingin tahu · Percaya diri · Menghargai keberagaman · Patuh pada aturan · Sosial · Bergaya hidup sehat · Sadar akan hak dan kewajiban · Bekerja keras · Adil | 1. hormat kepada orang renta yang dituakan 1. kehidupan keluarga yang teratur 1. tindakan kasih dalam keluarga | Menyebutkan suara aturan Tuhan ke 5 Menuliskan pengalamannya ketika menolong salah satu anggota keluarganya Menunjukkan perbuatan kasih dalam keluarga Mengasihi orang renta dan keluarga Mengungkapkan perasaannya dikala menolong anggota keluarganya 1.1 menyusun jadwal kegiatansehariu-hari 1.2 menceritakan acara dalam kehidupan sehari-hari 1.3 mentaati perintah orang renta dalam kehidupan sehari-hari menunjukkan sikap hormat kepada orang yang lebih tua 1.1 menuliskan pola hormat yang benar kepada orang tua 1.2 melaksanakan jadwal yang sudah dibuatnya dengan penuh tanggung jawaban 1.3 menceritakan tetntang sikap seorang yang taat dalam keluarga 1.4 menunjukkan sikap kasih kepada keluarga sebagai anak Tuhan | 5 jam 5jam 5 jam | Sumber : · Alkitab · Buku teks · Pengalaman siswa Alat : · Gambar | · Lisan / tertulis · Penampilan · Unjuk kerja · Unjuk Karya |
SILABUS PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN SEKOLAH DASAR ( SD )
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Kristen
Kelas / Semester : I I I/ 2
Standar Kompetensi : Mendeskripsikan arti mensyukuri pemeliharaan Allah dalam kehidupan komunitas keluarga dan mengatakan syukur melalui tanggung balasan dalam keluarga
Waktu : 32 Jam
Kompetensi Dasar | Hasil Belajar | Indikator | Karakter Budaya Bangsa | Materi Pokok | Pengalaman Belajar | Alokasi Waktu | Sumber / Bahan/ Alat | Penilaian |
1 | 2 | 3 | | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 |
11. Siswa mampu ikut serta membuat hidup rukun dalam keluarga | Siswa hidup rukun dengan anggota keluarganya | 1. membangun kerukunan dalam kehidupan keluarga 2. menghindari percekcokkan dalam keluarga 3. berusaha untuk saling menolong dan memperhatikan | · Religius · jujur · Santun · Disiplin · Tanggung- Jawab · Cinta Ilmu · Ingin tahu · Percaya diri · Menghargai keberagaman · Patuh pada aturan · Sosial · Bergaya hidup sehat · Sadar akan hak dan kewajiban · Bekerja keras · Adil | 1. Makna kerukunan dalam hidup keluarga 1. menghindari percekcokkan dalm keluarga 2. Kerugian percekcokkan dalam keluarga 1. contoh saling menolong dan mempersatukan 2. perjuangan konkrit menolong dan memperhatikan dalam keluarga | 1.1 Menceritakan wacana hidup rukun dalam keluarga keluarga 1.2 Menunjukkan cara hidup rukub dalam keluarga 1.3 membedakan hidup rukun dalam keluarga 2.1 Menyebutkan faktor-faktor yang mengakibatkan terjadinya pertengkaran 2.2 menuliskan kerugian yang dialami akhir pertengkaran dalam keluarga 2.3 menceritakan sikap baik untuk mengindari terjadinya pertengkaran 2.4 mengungkapkan perasaan ketika terjadinya pertengkaran dalam keluarga 2.5 sikap saling menghargai perbedaan dalam keluarga 1.1 sebut orang –orang yang perlu mendapatkan peretolongan 1.2 menuliskan bentuk-bentuk dukungan bagi merteka yang membutuhkan 1.3 Bermain perancara menolong orang yang membutuhkan dukungan 1.4 mendoakan mereka yang membutuhkan dukungan | 3 Jam 8 jam 8 jam | Sumber : · Alkitab · Buku teks · Pengalaman siswa Alat : · Gambar | · Lisan / tertulis · Penampilan · Unjuk kerja · Unjuk Karya |
Kompetensi Dasar | Hasil Belajar | Indikator | Karakter Budaya Bangsa | Materi Pokok | Pengalaman Belajar | Alokasi Waktu | Sumber / Bahan/ Alat | Penilaian |
1 | 2 | 3 | | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 |
12. Siswa bisa memelihara alam ciptaan Tuhan | Siswa bisa melaksanakan acara memelihara alam di lingkungan sekolah dan tempat tinggal | 1. menerangkan bahwa seluruh ciptaan Allah ada keuntungannya bagi manusia 2. Menjelaskan pentingnya kesadaran umat insan untuk membangun, memelihara dan melestarikan alam 3. menerangkan bahwa Allah berkuasa atas alam 4. Melaksanakan jadwal acara melestarikan alam di lingkungan sekolah/ tempat tinggal | · Religius · jujur · Santun · Disiplin · Tanggung- Jawab · Cinta Ilmu · Ingin tahu · Percaya diri · Menghargai keberagaman · Patuh pada aturan · Sosial · Bergaya hidup sehat · Sadar akan hak dan kewajiban · Bekerja keras · Adil | 1. konsep ciptaan 2. manfaat ciptaan Allah 1. peran insan dalammengembangkan memelihara alam 2. dampak kelalaian manusia dalam memelihara alam 1.Allah maha kuasa 2. Bukti kemahakuasaan Allah atas segala ciptaanNya 1. tindakan melestarikan alam dilingkungan sekolah/ tempat tinggal | Menuliskan manfaat dari ciptaan Allah Memahami ciptaan Allah bagi manusia Menunjukkan manfaat matahari bagi manusia Bersyukur atas ciptaan Allah Menuliskan usaha-usaha untuk memelihara dan melestarikan alam Menyebutkan akhir dari kelalaian insan dalam memelihara alam Menjaga kemembersihkanan lingkungan rumah dan sekolah Membuat kliping wacana peristiwa alam Perlu menyadari kemembersihkanan lingkungan Menceritakan kemahakuasaan Allah menghentikan angin ribut Mengekspresikan melalui gambar kejadian angin ribut Bersyukur kepada Allah atas kemahakuasaanNya 1.1 menuliskan jadwal acara melestarikan alam di lingkungan sekolah dan tempat tinggal 1.2 menanam bunga di lingkungan sekolah dan tempat tinggal 1.3 merawat tanaman | 7 jam 6 jam 5 jam 2 jam | Sumber : · Alkitab · Buku teks · Pengalaman siswa Alat : · Gambar | · Lisan / tertulis · Penampilan · Unjuk kerja · Unjuk Karya |
SILABUS PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN SEKOLAH DASAR ( SD )
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Kristen
Kelas / Semester : IV / 1
Standar Kompetensi : Mendeskripsikan wujud tindakan insan yang sanggup mengatakan pemahaman dan legalisasi keberadaan Allah dan insan serta mengambarkan
Kemahakuasaan Allah yang mengakibatkan insan sanggup bergantung sepenuhnya kepada Allah
Waktu : 32 jam
Kompetensi Dasar | Hasil Belajar | Indikator | Karakter Budaya Bangsa | Materi Pokok | Pengalaman Belajar | Alokasi Waktu | Sumber / Bahan/ Alat | Penilaian |
1 | 2 | 3 | | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 |
13.Siswa bisa memahami kemahakuasaan Allah | Siswa mengakui kemahakuasaan Allah dan menyakininya | 1.mendaftarkan banyak sekali hal wacana kemahkuasaan Allah dalam penciptaan 2. Menyebutkan banyak sekali penyembuhan yang dilakukan Yesus Kristus 3. Menceritakan kuasa Yesus Kristus mengubah air menjadi anggur | · Religius · jujur · Santun · Disiplin · Tanggung- Jawab · Cinta Ilmu · Ingin tahu · Percaya diri · Menghargai keberagaman · Patuh pada aturan · Sosial · Bergaya hidup sehat · Sadar akan hak dan kewajiban · Bekerja keras · Adil | 1. Konsep kemaha kuasaan Allah dalam penciptaan 2. Hubungan antara ciptaan dan penciptaan 3. Peran Allah dalam penciptaan misal perbuatan Yesus menyembuhkan orang sakit Mukjizat air menjadi Anggur | 1. mendata ciptaan karya Allah dalam kitab kejadian 1 : 1-2 2. memelihara lingkungan alam sebagai ciptaan Tuhan 3. mengumpulkan gambar wacana kuasa Allah dalam penciptaan 4. memelihara kesehatan badan sebagai ciptaan Allah 5. Percaya kepada Allah yang berkuasa dalam penciptaan 1. menuliskan pola 2 karya penyembuhan yang dilakukan Yesus 2. menceritakan mukjizat yang dibentuk oleh Yesus 3. merenungkan penyembuhan yang dilakukan oleh Yesus 4. Percaya kepada Yesus yang mempunyai kuasa penyembuhan 5. mengucap syukur atas mukjizat penyembuhan 1. menulis ulangg dengan garis besar kisah wacana air menjadi anggur 2. menerangkan makna kisah air menjadi anggur 3. merenungkan kisah wacana air menjadi anggur 4. menghargai kuasa Tuhan Yesus membuat mukjizat air menjadi anggur | 4Jam 2 jam 2 jam | Sumber : · Alkitab Kejadian 1:1-2 ·Buku teks ·Pengalaman siswa Alat : · Gambar Mat.9 :1-8 Luk. 5:17-26 Yoh.2:1-11 | · Lisan / tertulis · Penampilan · Unjuk kerja · Unjuk Karya |
Kompetensi Dasar | Hasil Belajar | Indikator | Karakter Budaya Bangsa | Materi Pokok | Pengalaman Belajar | Alokasi Waktu | Sumber / Bahan/ Alat | Penilaian |
1 | 2 | 3 | | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 |
14. Siswa mengakui keterbatasannya sebagai insan dan ketergantungan pada kemahakuasaan Allah | Siswa mengekspresikan pengakuannya terhadasp kemahakuasaan Allah melalui doa | 4. menceritakan kuasa yesus Kristus memdiberi makan 5000 orang 5. Membuat syair pemujaan terhadap kuasa Allah 1. siswa bisa berdoa sebagai wujud pengakuannya terhadap kemaha kuasaan Allah 2. Mempraktekkan hidup sesuai doanya | · Religius · jujur · Santun · Disiplin · Tanggung- Jawab · Cinta Ilmu · Ingin tahu · Percaya diri · Menghargai keberagaman · Patuh pada aturan · Sosial · Bergaya hidup sehat · Sadar akan hak dan kewajiban · Bekerja keras · Adil | Mukjizat wacana memdiberi makan 5000 orang 1. membuat syair pemujaan terhadap kuasa Allah 2. Pengakuan terhadap kemahakuasaan Allah 1. Doa sebagai alat komunikasi dengan Allah 2. Doa sebagai alat mengekspresikan pengakuannya terhadap kemahakuasaan Allah Menyusun doa sesuai kebutuhan hidupnya contohnya doa syukur, penyembuhan | 1. Menulis makna kisah yesus wacana memdiberi makan 5000 orang 2. mengambarkan makna mukjizat Yesus memdiberi makan 5000 orang 3. memperagakan kiprah wacana Yesus memdiberi makan 5000 orang 4. percaya bahwa Yesus sumber kehidupan manusia 1. menyusun puisi wacana pemujaan kepada kuasa Allah 2. membacakan syair pemujaan terhadap kuasa allah 3. menjiwai wacana syair pemujaan terhadap kuasa Allah 4. bahagia membaca syair pemujaan terhadap kuasa Allah 1. Menulis teks doa kepada Allah 2. membacakan teks wacana doa 3. memperagakan sikap doa yang benar wacana kemahakuasaan Allah 4. membuat gambar orang yang berdoa kepada Allah 5. meyakini doa sebagai alat komunikasi kepada Allah 1. menuliskan pola doa sesuai pengalaman pribadinya 2. mengambarkan arti doa berdasarkan dogma kristen 3. berdoa sesuai dengan kebutuhannya 4. mempunyai sikap hidup sesuai dengan doanya 5. percaya bahwa doa sanggup menolong hidupnya | 2 jam 4jam 4jam 4jam | Sumber : · Alkitab Lukas 9:10-17 Mat. 14:13-21 Yoh.6:1-14 Mark.6:30-46 · Buku teks · Pengalaman siswa Alat : · Gambar Maz. 23 Maz.19:1-7 Filifi 4:6 | · Lisan / tertulis · Penampilan · Unjuk kerja · Unjuk Karya |
SILABUS PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN SEKOLAH DASAR ( SD )
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Kristen
Kelas / Semester : IV / 2
Standar Kompetensi : Menyebutkan wujud tindakan insan yang menunjukkan pemahaman dan legalisasi keberadaan Allah dan insan serta mengambarkan
Kemahakuasaan Allah yang mengakibatkan insan sanggup bergantung sepenuhnya kepada Allah
Waktu : 32 jam
Kompetensi Dasar | Hasil Belajar | Indikator | Karakter Budaya Bangsa | Materi Pokok | Pengalaman Belajar | Alokasi Waktu | Sumber / Bahan/ Alat | Penilaian |
1 | 2 | 3 | | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 |
15.Siswa bisa sebut wujud tindakan insan yang sepenuhnya bergantung kepada Allah | Siswa mempercayakan hidupnya kepada kemahakuasaan Allah | 1.Menceritakan wacana ketergantungan umat Israel kepada Allah ketika mengembara di padang belantara 2. Menyebutkan beberapa bukti bahwa hidup kita bergantung pada pengasihan Allah 3. Menyusun puisi / syair wacana ketergantungan insan pada Allah | · Religius · jujur · Santun · Disiplin · Tanggung- Jawab · Cinta Ilmu · Ingin tahu · Percaya diri · Menghargai keberagaman · Patuh pada aturan · Sosial · Bergaya hidup sehat · Sadar akan hak dan kewajiban · Bekerja keras · Adil | Konsep keterbatasan manuisa. misal-contoh keterbatasan manusia Bukti ketidak mampuan insan tanpa dukungan Allah Syair ketergantungan insan pada Allah | 1. menciptakan ringkasan keterbatasan umat Israel. Ketika mengembara di padang gurun 2. Membuat contoh-contoh tindakan umat Israel bergantung kepada Allah 3. Menceritakan alasan mengapa umat Istael bergantung kepada Allah 4. Mengakui ketergantungan kepada Tuhan Allah melalui sikap sehari-hari 1. Menuliskan contoh-contoh bahwa hidup kita bergantung kepada pengasihan Allah 2. Menjelaskan alasan mengapa insan bergantung kepada Allah 3. Bermain kiprah / berpantomin wacana : Elia di tepi sungai Kerit, Elia dan Janda di Zaryad 4. Mengharap dan percaya terhadap dukungan Tuhan dalam kehidupan sehari-hari 1. Membuat puisi/syair wacana ketergantungan insan kepada Allah 2. Memperagakan puisi/syair wacana insan yang bergantung pada Allah 3. Menghargai karya dan mengkoleksi puisi atau syair yang bertemakan ketergantungan kepada Allah | 4Jam 4Jam 4jam | Sumber : · Alkitab Keluaran 16,17 ·Buku teks ·Buku cerita ·Pengalaman siswa Alat : · Gambar | · Lisan / tertulis · Penampilan · Unjuk kerja · Unjuk Karya |
Kompetensi Dasar | Hasil Belajar | Indikator | Karakter Budaya Bangsa | Materi Pokok | Pengalaman Belajar | Alokasi Waktu | Sumber / Bahan/ Alat | Penilaian |
1 | 2 | 3 | | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 |
16. Siswa bisa mensyukuri kemahakuasaan Allah dan keterbatasan manusia | Siswa sanggup mengucap syukur atas kemahakuasaan Allah dalam segala hal | 1. membuat doa syukur atas kemampuan Allah terhadap banyak sekali kejadian | · Religius · jujur · Santun · Disiplin · Tanggung- Jawab · Cinta Ilmu · Ingin tahu · Percaya diri · Menghargai keberagaman · Patuh pada aturan · Sosial · Bergaya hidup sehat · Sadar akan hak dan kewajiban · Bekerja keras · Adil | misal-contoh syukur atas kemahakuasaan Allah dalam banyak sekali kejadian Syair ucapan syukur kepada Allah atas kemahakuasaan Allah | 1. Membuat doa syulkur atas kemahakuasaan Allah 2. Menjelaskan makna wacana doa syukur kepada Tuhan 3. Mengumpulkan pola doa syukur terhadap kemahakuasaan Allah 4. Mengucapkan syukur atas kemahakuasaan Allah 5. Menmuji Tuhan melalui doa syukur wacana kemahakuasaan Allah 1. Membuat puisi yang bertema ucapan syukur atas penguasaan Allah 2. Membacakan puisi yang bertema ucapan syukur atas penguasaan Allah 3. Mengkoleksi Puisi, gambar, Nyanyian ucapan syukur 4. Bersyukur kepada Tuhan dalam hidup sehari-hari | 4 jam 6 jam | Sumber : · Alkitab Mazmur 27:1-14 Kisah R.16:25-32 · Buku teks · Pengalaman siswa Alat : · Gambar | · Lisan / tertulis · Penampilan · Unjuk kerja · Unjuk Karya |
SILABUS PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN SEKOLAH DASAR ( SD )
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Kristen
Kelas / Semester : V / 1
Standar Kompetensi : Menjelaskan bahwa insan berdosa tetapi diselamatkan Allah melalui penebusan Yesus Kristus
Waktu : 32 jam
Kompetensi Dasar | Hasil Belajar | Indikator | Karakter Budaya Bangsa | Materi Pokok | Pengalaman Belajar | Alokasi Waktu | Sumber / Bahan/ Alat | Penilaian |
1 | 2 | 3 | | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 |
17.Siswa bisa mengambarkan bahwa insan itu berdosa | Siswa menyadari kenyataan bahwa insan itu berdosa | 1.Menjelaskan awal kejatuhan insan ke dalam dosa 2. Menjelaskan bahwa dosa ialah sikap insan yang menentang kehendak Allah 3. Memiliki sikap menjauhi dosa | · Religius · jujur · Santun · Disiplin · Tanggung- Jawab · Cinta Ilmu · Ingin tahu · Percaya diri · Menghargai keberagaman · Patuh pada aturan · Sosial · Bergaya hidup sehat · Sadar akan hak dan kewajiban · Bekerja keras · Adil | 1. Kecenderungan insan utnuk melaksanakan yang tidak baik 2. Manusia mempunyai kebebasan untuk memilih 1. konsep dosa 2. Kesombongan insan sebagai ciptaan yang mulia 1.perbedaan dosa dan kesalahan 2.Akibat dosa | 1. Menuliskan proses kejatuhan insan ke dalam dosa (Kej.3) 2. Mendaftarkan bentuk-bentuk perbuatan dosa insan sehari-hari 3. Menuliskan pengalaman siswa melaksanakan pelanggaran 4. Memperagakan kiprah kejadian jatuhnya insan ke dalam dosa ( kej. 3) 5. Menyadari kemungkinan siswa sanggup jatuh ke dalam dosa. 1. Mendaftarkan bentuk-bentuk perbuatan insan yang menentang kehendak Allah 2. Mengungkapkan bentuk-bentuk perbuatan-perbuatan yang berperihalan dengan kehendak Allah 3. Menjauhkan diri dari perbuatan yang menentang kehendak Allah 1. Menuliskan kembali dengan kata sendiri kisah Yusuf di rumah Fotifar 2. Menceritakan sikap Yusuf di rumah Potifar 3. Menghindari godaan-godan yang menjadikan dosa | 6 Jam 2 Jam 3 jam | Sumber : · Alkitab ·Buku teks ·Buku cerita ·Pengalaman siswa Alat : · Gambar | · Lisan / tertulis · Penampilan · Unjuk kerja · Unjuk Karya |
Kompetensi Dasar | Hasil Belajar | Indikator | Karakter Budaya Bangsa | Materi Pokok | Pengalaman Belajar | Alokasi Waktu | Sumber / Bahan/ Alat | Penilaian |
1 | 2 | 3 | | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 |
18. Menunjukkan kerinduan untuk diampuni dosa-dosanya | Menyadari pentingnya memohon ampun pada Allah atas dosa-dosanya. Bersedia memaafkan orang lain | 1. menerangkan perlunya memohon pengampunan dari Allah 2. Menjelaskan bahwa Allah mengampuni orang yang meratapi dosanya 3. memiliki sikap pemaaf 4. Meneladani sikap Yesus yang mengampuni | · Religius · jujur · Santun · Disiplin · Tanggung- Jawab · Cinta Ilmu · Ingin tahu · Percaya diri · Menghargai keberagaman · Patuh pada aturan · Sosial · Bergaya hidup sehat · Sadar akan hak dan kewajiban · Bekerja keras · Adil | Konsep Pengampunan 1. Allah Maha pengampun 2. Perlunya pengampunan bagi manusia 3. cara memohon pengampunan kepada Allah 1. konsep penyesalan 2. Arti pertobatan 3. Kesusahan mengampuni sesama 4. contoh sikap pemaaf meneladani Kristus yang mau mengampuni manusia | 1. Menuliskan doa pengakuan dosa 2. Menngungkapkan doa legalisasi dosa 3. Memahami arti pengampunan dosa 1. Menguraikan cara insan menyatakan penyesalan dosanya 2. Menuliskan kisah hidup Paulus 3. Mendemostrasikan kisah hidup Paulus 4. Mempercayai bahwa Allah itu sumber pengampunan 5. menerapkan pentingnya arti memaafkan orang lain 6. berani meminta maaf atas kesalahannya Mengembangkan sikap pemaaf kepada sesama 1. menuliskan banyak sekali perkataan Yesus kepada orang berdosa 2. menceritakan sikap Yesus terhadap orang berdosa 3. meneladani sikap Yesus yang pengampun | 3 jam 3 jam 3 jam | Sumber : · Alkitab · Buku teks · Pengalaman siswa Alat : · Gambar | · Lisan / tertulis · Penampilan · Unjuk kerja · Unjuk Karya |
SILABUS PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN SEKOLAH DASAR ( SD )
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Kristen
Kelas / Semester : V / 2
Standar Kompetensi : Menjelaskan bahwa insan berdosa tetapi diselamatkan Allah melalui penebusan Yesus Kristus
Waktu : 32 jam
Kompetensi Dasar | Hasil Belajar | Indikator | Karakter Budaya Bangsa | Materi Pokok | Pengalaman Belajar | Alokasi Waktu | Sumber / Bahan/ Alat | Penilaian |
1 | 2 | 3 | | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 |
19.Menjelaskan bahwa Allah yaitu penyelamat manusia | Memahami dan menyadari keselamatan yang didiberikan Allah melalui Yesus Kristus | 1. Menjelaskan karya evakuasi Allah di dalam Yesus Kristus 2. Menjelaskan makna hidup dalam keselamatan 3. Menjelaskan bahwa Allah mengampuni tiruana orang yang meratapi dosanya termasuk dirinya | · Religius · jujur · Santun · Disiplin · Tanggung- Jawab · Cinta Ilmu · Ingin tahu · Percaya diri · Menghargai keberagaman · Patuh pada aturan · Sosial · Bergaya hidup sehat · Sadar akan hak dan kewajiban · Bekerja keras · Adil | 1. konsep keselamatan 2. Tujuan kelahiran,kematian dan kebangkitan Yesus Kristus 3. Yesus sebagai Juru Selamat Menyerahkan hidupnya pada Yesus Beriman kepada Yesus sebagai Juru selamat | 1. Membuat karangan kejadian kelahiran Yesus Kristus 2. mendramakan kejadian kelahiran Yesus Kristus 3. Memahami karya evakuasi Allah kepada insan melalui Yesus Kristus 1. menguraikan arti hidup insan yang mendapatkan keselamatan dalam kehidupannya 2. Menyapa orang lain dengan penuh kasih 3. menampilkan sikap hidup yang bermakna dalam kehidupan imannya 4. menuliskan kisah Raja Daud yang berbuat dosa dan memohon ampun 1. bermain kiprah dalam kejadian nabi Natan menegur raja Daud alasannya yaitu DosaNya 2. berani menyatakan kesalahannya ketika ia berbuat dosa | 3Jam 3 jam 3 jam | Sumber : · Alkitab ·Buku teks ·Buku cerita ·Pengalaman siswa Alat : · Gambar | · Lisan / tertulis · Penampilan · Unjuk kerja · Unjuk Karya |
Kompetensi Dasar | Hasil Belajar | Indikator | Karakter Budaya Bangsa | Materi Pokok | Pengalaman Belajar | Alokasi Waktu | Sumber / Bahan/ Alat | Penilaian |
1 | 2 | 3 | | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 |
20. Siswa bisa menunjukkan sikap sebagai orang yang sudah diselamatkan | Siswa menanggapi evakuasi Allah di dalam Yesus Kristus dengan menjadi saksinya | 1. menanggapi evakuasi Allah dalam hidupnya sehari-hari melalui sikap hidup yang baik dan benar 2. Menjelaskan arti menjadi saksi Kristus 3. menjadi saksi Kristus bagi lingkungannya | · Religius · jujur · Santun · Disiplin · Tanggung- Jawab · Cinta Ilmu · Ingin tahu · Percaya diri · Menghargai keberagaman · Patuh pada aturan · Sosial · Bergaya hidup sehat · Sadar akan hak dan kewajiban · Bekerja keras · Adil | Tindakan atau respon yang baik sebagai bentuk ucapan syukur atas karya Allah Menjadi saksi keselamatan 1. konsep saksi Kristus 2. Tindakan konkrit menjadi saksi Kristus bagi lingkungannya | 1. Mendaftarkan perbuatan yang baik sebagai ucapan syukur atas karya Allah dalam hidup 2. mendemontrasikan pola perbuatan yang baik dalam kehidupan sehari-hari 3. memdiberi teladan dalam perbuatan baik 1. menciptakan karangan kesaksian hidup yang berkenan kepada Allah 2. melakukan kesaksian melalui sikap dan perbuatan 3. menjalin kerjasama dengan sesamanya 1. Mendaftarkan sikap umat Nasrani di lingkungannya sesuai pedoman Yesus Kristus 2. Mempraktekkan cara menyapa orang lain dengan kasih 3. mengembangkan sikap toleransi di lingkungannya | 3 jam 3 jam 3 jam | Sumber : · Alkitab · Buku teks · Pengalaman siswa Alat : · Gambar | · Lisan / tertulis · Penampilan · Unjuk kerja · Unjuk Karya |
SILABUS PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN SEKOLAH DASAR ( SD )
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Kristen
Kelas / Semester : VI / 1
Standar Kompetensi : Menerapkan arti ibadah yang sesunggunya, khususnya dalam seluruh aktifitas hidup manusia
Waktu : 32 jam
Kompetensi Dasar | Hasil Belajar | Indikator | Karakter Budaya Bangsa | Materi Pokok | Pengalaman Belajar | Alokasi Waktu | Sumber / Bahan/ Alat | Penilaian |
1 | 2 | 3 | | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 |
21.Siswa bisa memahami makna Ibadah | 1. Siswa memehami makna ibadah Siswa membangun korelasi eksklusif dengan Allah melalui doa | 1.Menjelaskan makna ibadah 2. Membangun korelasi eksklusif dengan Allah melalui doa, dan membaca Injil | · Religius · jujur · Santun · Disiplin · Tanggung- Jawab · Cinta Ilmu · Ingin tahu · Percaya diri · Menghargai keberagaman · Patuh pada aturan · Sosial · Bergaya hidup sehat · Sadar akan hak dan kewajiban · Bekerja keras · Adil | 1. konsep ibadah sebagai acara ritual 2. bentuk-bentuk ibadah 3. Mengenal peribadatan dalam agama lain 1. Pentingnya membaca Alkitab 2. pentingnya membina korelasi dengan Allah 3. Teknik membangun korelasi dengan Allah | 1. Menuliskan konsep wacana ibadah berdasarkan PL dan PB 2. Membuat laporan acara di gereja masing-masing 3. Membuat daftar bentuk-bentuk ibadah di gereja masing-masing ( contohnya kebaktian sekolah minggu, keluarga, dll ). 4. menciptakan daftar bentuk-bentuk ibadah agama lain 5. Menjelaskan konsep ibadah berdasarkan PL dan PB secara kelompok 6. memperagakan bentuk-bentuk ibadah yang rutin dilakukan siswa 7. Mengemukakan bentuk-bentuk ibadah pada agama lain 8. menghargai banyak sekali bentuk ibadah 9. menghayati perlunya ibadah 10. menghargai bentuk-bentuk ibadah yang dilakukan orang lain 1. Membuat teks doa 2. menciptakan tanggapan eksklusif wacana pentingnya membina korelasi dengan Allah 3. membacakan puisi atau menyanyikan lagu yang diciptakan 4. rajin membaca Alkitab 5. rajin berdoa 6. berperilaku sesuai dengan makna dari puisi atau lagu yang diciptakannya | 6 jam 6 jam | Sumber : · Alkitab Keluaran 23 Imamat 23 1Tim 4 ibrani 10 Roma 12 ·Buku teks ·Buku cerita ·Pengalaman siswa Alat : · Gambar Timotius 3 Mazmur 119 | · Lisan / tertulis · Penampilan · Unjuk kerja · Unjuk Karya |
Kompetensi Dasar | Hasil Belajar | Indikator | Karakter Budaya Bangsa | Materi Pokok | Pengalaman Belajar | Alokasi Waktu | Sumber / Bahan/ Alat | Penilaian |
1 | 2 | 3 | | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 |
22. siswa bisa memahami bahwa acara sehari-hari sebagai ibadah ungkapan syukur kepada Allah | Siswa menjalankan kiprah dan kewajiban di rumah dan di sekolah sebagai penggalan dari ibadah | 3. menerangkan makna ibadah melalui acara sehari-hari Menjalankan kiprah dan acara sehari-hari dengan bertanggung jawabansebagai ibadah kepada Allah | · Religius · jujur · Santun · Disiplin · Tanggung- Jawab · Cinta Ilmu · Ingin tahu · Percaya diri · Menghargai keberagaman · Patuh pada aturan · Sosial · Bergaya hidup sehat · Sadar akan hak dan kewajiban · Bekerja keras · Adil | 1. menciptakan ibadah melalui acara sehari-hari 2. contoh-contoh ibadah melalui acara sehari-hari 3. Menjalankan kiprah dan acara sehari-hari sebagai ibadah kepada Allah | 1. menciptakan renungan singkat wacana makna ibadah dalam kehidupan sehari-hari 2. mengidentifikasi acara sehari-hari yang termasuk ibadah secara tertulis 3. mempraktekkan acara sehari-hari yang termasuk ibadah denagn penuh tanggung-jawaban 1. mendaftar aktifitas sehari-hari yang termasuk ibadah dan aktifitas yang tidak termasuk ibadah 2. mendiskusikan aktifitas sehari-hari yang termasuk ibadah dan aktifitas yang tidak termasuk ibadah 3. mempraktekkan ibadah didalam kehidupan sehari-hari 4. menghargai orang lain | 6jam 4 jam | Sumber : · Alkitab · Buku teks · Pengalaman siswa Alat : · Gambar | · Lisan / tertulis · Penampilan · Unjuk kerja · Unjuk Karya |
SILABUS PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN SEKOLAH DASAR ( SD )
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Kristen
Kelas / Semester : VI / 2
Standar Kompetensi : Menerapkan arti ibadah yang sesunggunya, khususnya dalam seluruh aktifitas hidup manusia
Waktu : 32 jam
Kompetensi Dasar | Hasil Belajar | Indikator | Karakter Budaya Bangsa | Materi Pokok | Pengalaman Belajar | Alokasi Waktu | Sumber / Bahan/ Alat | Penilaian |
1 | 2 | 3 | | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 |
23.Siswa bisa melayani Allah dan Sesama sebagai ungkapan Syukur kepada Allah | 1. Siswa melayani sesama dalam bentuk yang sederhana, sesuai talenta, usia dan kemampuannya Siswa membangun korelasi eksklusif dengan Allah melalui doa | 1. Menjelaskan arti melayani Allah dan sesama sebagai ungkapan syukur 2. Mempraktekkan sikap melayani sesama sebagai ungkapan syukur 3. Merancang jadwal acara melayani sesama sesuai kemampuannya | · Religius · jujur · Santun · Disiplin · Tanggung- Jawab · Cinta Ilmu · Ingin tahu · Percaya diri · Menghargai keberagaman · Patuh pada aturan · Sosial · Bergaya hidup sehat · Sadar akan hak dan kewajiban · Bekerja keras · Adil | 1. Arti melayani 2. Konsep Iman Kristen 3. Melayani sebagai Ibadah 4. Melayani dalam dogma Nasrani dan juga bagi orang lain 5. Bentuk-bentuk pelayanan terhadap sesama 6. Merencanakan Program acara pelayanan terhadap sesama di lingkungan terdekat sebagai bentuk ungkapan syukur. | 1. Memahami arti melayani 2. Mendaftarkan bentuk-bentuk perbuatan melayani 3.Meladani Pelayanan-pelayanan yang pernah dilakukan Oleh Tuhan Yesus di dunia. 1.Memahami bahwa melayani dalam dogma Nasrani sebagai bentuk ungkapan syukur kita kepada Allah 2. mempraktekkan hidup melayani berdasarkan dogma Kristen - mempraktekkan hidup melayani dalam kehidupan sehari-hari. - Meneladani sikap hidup melayani tokoh pelayan Tuhan dalam hidup sehari-hari - Mengidentifikasi bentuk-bentuk pelayanan yang sanggup dilakukan terhadap sesama. - Membuat planning /program acara pelayanan yang sanggup dilakukan kepada sesama di lingkungan terdekat sebagai bentuk ungkapan syukur. | 5Jam 5 jam | Sumber : · Alkitab -Lukas 22:27 -Matius 6 -Matius 20:28, -Matius 22:37-39 -Markus 10:45 ·Buku teks ·Buku cerita ·Pengalaman siswa Alat : · Gambar | · Lisan / tertulis · Penampilan · Unjuk kerja · Unjuk Karya |
0 Response to "Silabus Agama Kristen Berkarakter ( Edit Lagi Ya )"
Posting Komentar