Silabus K 2013 Sma /Smk Agama Kristen Revisi 2016
I. Kompetensi Dasar, Materi Pembelajaran, Kegiatan Pembelajaran, dan Alokasi Waktu
Kelas : X (Sepuluh)
Alokasi waktu : 3 jam x 18 ahad à semester 1
3 jam x 16 ahad à semester 2
Materi:
No | Materi | Jam Pelajaran |
1. | Bertumbuh menjadi dewasa | 18 JP |
2. | Makna kesetiaan, keadilan, dan kasih | 18 JP |
3. | Peran Roh Kudus bagi orang percaya | 18 JP |
4. | Karunia Allah dalam kepelbagaian; Perteman dekatan yang sejati; Pacaran yang sehat berdasarkan dogma Kristiani; Diriku bersama dengan orang lain | 24 JP |
5. | Keberadaan Allah sebagai pembaharu kehidupan; Karya Allah dalam membaharui kehidupan; Peran remaja Katolik dalam pembaharuan hidup insan dan alam. | 24 JP |
102 JP |
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Alokasi Waktu |
1.1 Mensyukuri karunia Allah bagi dirinya yang terus bertumbuh sebagai eksklusif dewasa. 2.1. Mengembangkan perilaku sebagai eksklusif yang terus bertumbuh menjadi dewasa. 3.1. Menganalisis ciri-ciri eksklusif yang terus bertumbuh menjadi dewasa. 4.1 Membuat karya yang berkaitan dengan ciri-ciri eksklusif yang terus bertumbuh menjadi dewasa. | Menjadi insan remaja dalam dogma · Bertumbuh menjadi dewasa | · Mengamati perbedaan yang dialami saat sudah duduk di kelas X, dibandingkan dengan di kelas IX. · Mendisukusikan Perbedaan antara orang yang remaja dengan yang belum dewasa. · Merumuskan, apa saja ciri-ciri orang yang sudah remaja dalam dogma dan aspek perkembangan lainnya. · Mewawancarai dua orang remaja yang dijadikan panutan, ihwal pengalaman yang menolong mereka untuk tumbuh menjadi orang remaja yang bertanggung jawaban. · Membayangkan, apa balasannya bila orang bertambah usia, tetapi tidak mengatakan ciri-ciri sebagai orang dewasa. · Melakukan kajian ihwal sikap seorang yang berkepribadian matang dalam diri Tuhan Yesus, tokoh-tokoh Bibel lainnya, dan melalui Mazmur 90, menyimpulkan, apa saja hal-hal yang harus dilakukan untuk menjadi remaja dan bertanggung jawaban. · spiritual. · Memdiberikan contoh-contoh eksklusif yang remaja dari kisah-kisah yang diambil dari media massa/internet. · Melaporkan hasil wawancaranya terhadap dua orang yang jadi panutan. · Membuat komitmen untuk mengembangkan kepribadian yang matang berdasarkan gejala insan yang bertumbuh sebagai eksklusif dewasa. Teks Bibel acuan: - 1 Korintus 13:11 - 1 Timotius 4:12 - Yakobus 5: 12 · Membagikan apa yang dipelajari ihwal ciri-ciri orang dewasa, kepada orang-orang lain di sekitarnya (rumah, lingkungan). | 18 JP |
1.2 Menghayati nilai-nilai Kristiani: Kesetiaan, kasih dan keadilan dalam kehidupan sosial. 2.2. Meneladani Yesus dalam mewujudkan nilai-nilai Kristiani: Kesetiaan, kasih dan keadilan dalam kehidupan soial. 3.2. Memahami makna nilai-nilai Kristiani: Kesetiaan, kasih dan keadilan dalam kehidupan. 4.2 Menerapkan nilai-nilai Kristiani: Kesetiaan, kasih dan keadilan melalui banyak sekali aktivitas. | - Makna kesetiaan, keadilan, dan kasih | · Mengamati (atau melaksanakan studi kasus) dari pengalaman, dan dari banyak sekali sumber berguru lainnya, seberapa jauh ada wujud kesetiaan, kasih, dan keadilan di masyarakat. · Melakukan kunjungan ke kantor pemerintah/Lembaga Hukum, untuk mendapat informasi, bagaimana kantor-kantor tersebut mempraktekkan kesetiaan, kasih dan keadilan. Kegiatan ini bisa digunakan sebagai konfirmasi terhadap apa yang sudah ditemukan dari kiprah mengamati sebelumnya. · Menggali dari Alkitab, ihwal makna kesetiaan, kasih dan keadilan ibarat yang diajarkan para nabi dan Tuhan Yesus. · Mendalami kembali nilai-nilai Kristiani, ibarat buah-buah roh (kasih, sukacita, tenang sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan, kelemahlembutan, penguasaan diri) yang sudah pernah diekplorasi pada kelas VII. (Teks.Alkitab yang dipakai: Ul. 16:19-20 ; Maz. 106 : 3 ; Ams. 21:15, 29:4 ; Yes 56 :1 ; Yer 22:3; Mat. 23:23 ; Roma 3:25-26.; Yoh 15:11-14 ; Filipi 2:5-8. Gal. 5: 22.) · Melakukan kajian dengan menggunakan banyak sekali sumber, apa dilandasi oleh kasih dan kerelaan untuk berkorban. · Menjelaskan langkah-langkah yang akan dilakukan dalam 3 bulan menhadir: bagaimana mewujudkan nilai kesetiaan, kasih, dan keadilan ibarat yang sudah diteladaninya dari para nabi dan Tuhan Yesus · Membuat kesimpulan, mengapa nilai-nilai kesetiaan, kasih dan keadilan perlu diwujudkan dalam kehidupan bermasyarakat, dalam banyak sekali unjuk kerja (puisi, goresan pena di majalah, dsb.). | 18 JP | |
1.3 Mengakui kiprah Roh Kudusdalam membaharui kehidupan orang diberiman. 2.3. Bersedia hidup gres sebagai wujud percaya pada peran Roh Kudus sebagai pembaharu. 3.3. Memahami kiprah Roh Kudus dalam membaharui kehidupan orang diberiman 4.3. Menyajikan presentasi berkaitan dengan kiprah Roh Kudus sebagai pembaharu mengacu pada Alkitab. | - Peran Roh Kudus bagi orang percaya | · Mengamati seberapa jauh kotbah di gerejanya mengulas ihwal kiprah Roh Kudus. · Mendiskusikan kiprah Roh Kudus dalam kehidupan keluarga, gereja dan masyarakat. · Mengkaji kiprah Roh Kudus berdasarkan ayat-ayat Bibel sebagai diberikut: - Roma 15:1-5 - Markus 13: 11 - Yohguas 14:16-17, 26; 16:13 - Roma 5:5; 8:14 - 1 Korintus 12: 7-11 - Efesus 1: 14 - Galatia 5: 18 · Membuat daftar beberapa penggalan Bibel yang menulis ihwal pembaruan hidup oleh Roh Kudus. Pada tiap penggalan Bibel yang dipilih, akseptor didik membuat komentar dan dikaitkan dengan sikap hidup sehari-hari. Misalnya Roma 8:1-17: Hidup oleh Roh. · Menuliskan doa yang mengatakan keyakinannya pada Roh Kudus yang mengarahkan hidupnya ke arah yang benar. · Mennyimpulkan pentingnya menyerahkan diri dalam pimpinan Roh Kudus dan membiarkan Roh Kudus membimbing ke arah hidup yang benar (menyelesaikan konflik, tidak mementingkan diri sendiri, hidup berkenan di hadapan Allah dan sesama). | 18 JP | |
1.4 Mensyukuri karunia Allah melalui kebersamaan dengan orang lain tanpa kehilangan identitas. 2.4 Bersedia hidup bersama dengan orang lain tanpa kehilangan identitas. 3.4 Menganalisis makna kebersamaan dengan orang lain tanpa kehilangan identitas 4.4 Membuat proyek terkena kebersamaan dengan orang lain tanpa kehilangan identitas | - Karunia Allah dalam kepelbagaian - Perteman dekatan yang sejati. - Pacaran yang sehat berdasarkan dogma Kristiani. - Diriku bersama dengan orang lain | · Mengamati kemajemukan yang ditemukan di lingkungan dan di masyarakat: dari segi suku/adat istiadat, makanan, bahasa/ dialek, agama, dsb. Melaporkan hasil pengamatannya melalui banyak sekali penampilan seperti: pakaian adat, kuliner khas, nyanyian daerah, logat bahasa daerah, gambar-gambar rumah ibadah dan ritual agama dari masing-masing agama. · Membagikan suka-duka dalam pengalamannya menjalin korelasi perkawanan dan perteman dekatan. · Melakukan curah pendapat ihwal pacaran yang sehat dalam kehidupan mereka sebagai remaja. Dapat dimulai dengan mengembangkan dongeng ihwal alasan menyukai seseorang/alasan jatuh cinta. · Mendiskusikan ihwal pacaran dalam Iman Katolik (teks pembanding: I Korintus 3:16-17 ; 6: 18-20 ; Roma 1:24-29). Cerita Bibel pembanding yaitu Kisah Simson dan Delila. · Mendiskusikan bagaimana caranya membangun korelasi pacaran yang baik dan bertanggungjawaban. · Mengkaji prinsip-prinsip perteman dekatan yang Yesus teladankan, yang membuat identitas diri-Nya makin nampak, antara lain: - melayani dengan merendahkan diri (Yohguas 13:15). - saling mencintai (Yohguas 15:12-17). - mempercayai seseorang dengan mempersembahkan peluang (Yohguas 18:12-27). · Menpenghasilan ihwal pentingnya memelihara identitas diri sebagai eksklusif dan remaja Katolik di tengah keberagaman berdasar pada kehidupan Nuh ( Kejadian 6:9, 11,12) dan Salomo (I Raja-raja 11:38) ; (Bandingkan beberapa penggalan Firman Tuhan Roma 1:17, Yehemia 18:19-20, Galatia 2 :14, II Petrus 2:4-10, I Yohguas 1 : 6, I Yohguas 5:20, III Yohguas 1:3). · Membuat sebuah poster dan mensosialisasikan di kalgan remaja terkena pacaran yang sehat sesuai dogma Kristen. · Menulis cerita dengan tema “Remaja Katolik di Tengah Keberagaman” sebagai bentuk ungkapan pemahaman akan dogma Katolik yang dewasa. | 24 JP |
1.5. Mensyukurikeberadaan Allah sebagai pembaharu kehidupan insan dan alam. 2.5 Merespon keberadaan Allah sebagai pembaharu dalam korelasi dengan sesama insan dan alam. 3.5 Memahami keberadaan Allah sebagai pembaharu kehidupan insan dan alam. 4.5. Membuat karya yang berkaitan dengan kiprah Allah sebagai pembaharu kehidupan insan dan alam. | - Keberadaan Allah sebagai pembaharu kehidupan. - Karya Allah dalam membaharui kehidupan. - Peran remaja Katolik dalam pembaharuan hidup insan dan alam. | · Mengamati lingkungan sekitar sambil merenungkan, apakah tiruana yang terjadi di alam yaitu alasannya yaitu kebetulan, atau alasannya yaitu Allah yang Mahakuasa mengambil peranan penting? · Melakukan refleksi bagaimana Allah membaharui kehidupan alam dan manusia. · Menpenghasilan dongeng inspiratif dan menarikdanunik hubungannya dengan pengalaman eksklusif mereka. Cerita inspiratif bisa diambil dari Bibel ataupun dongeng lainnya ihwal Tokoh Humanis atau para pekabar Injil. Inti dongeng ihwal Pembaharuan Hidup · Membahas penggalan Bibel terkena Allah yang membaharui hidup insan dan alam. (Jika memungkinkan, akseptor didik sanggup menonton bersama film ihwal Kisah Nuh). Diambil dari teks Yeremia 1: 4-10 ihwal Yeremia yang diangkat oleh Allah untuk mencabut dan merubuhkan, membinasakan dan meruntuhkan, membangun dan menanam, atau dengan kata lain memmembuang yang rusak dan menghasilkan pembaharuan. · Dalam kelompok, mengulas penggalan Bibel yang menulis ihwal Allah yang membaharui hidup insan dan alam · Membuat goresan pena pendek atau karya kreatif lainnya ihwal kiprah remaja Katolik dalam turut serta mendukung pembaharuan hidup insan dan alam. Tulisan atau karya tersebut dibahas dalam 1 kali pertemuan (dibacakan atau dipresentasikan) (misal karya kreatif: tulisan, lukisan, puisi, doa, karya seni lainnya). | 24 JP |
Kelas : XI (Sebelas)
Alokasi waktu : 3 jam x 18 ahad à semester 1
3 jam x 16 ahad à semester 2
Materi:
No | Materi | Jam Pelajaran |
1. | Peran Allah dalam kehidupan keluarga; Hakikat keluarga; Makna keluarga yang bertumbuh | 27 JP |
2. | Pernikahan Kristen | 27 JP |
3. | Keluarga dan Sekolah sebagai forum pendidikan utama | 24 JP |
4. | Kebudayaan, ilmu pengetahuan dan teknologi yaitu anugerah Tuhan | 24 JP |
102 JP |
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Alokasi Waktu |
1.1 Mengakui kiprah Allah dalam kehidupan keluarga. 2.1Mengembangkan sikap tanggung jawaban sebagai wujud dari pengukuhan terhadap kiprah Allah dalam kehidupan keluarga. 3.1 Memahami peran Allah dalam kehidupan keluarga. 4.1. Bersaksi ihwal kiprah Allah dalam keluarganya. | Keluarga dan Modernisasi - Peran Allah dalam kehidupan keluarga - Hakikat keluarga - Makna keluarga yang bertumbuh. | · Melakukan pemetaan pikiran (mind mapping) ihwal kehidupan insan berdasarkan sumber berguru yang dimilikinya (buku, artikel majalah/koran, internet, dsb.). · Menanyakan apa yang diinginkan remaja sebaya dari orangtua dan keluarga dan apa yang diinginkan orangtua dan keluarga dari remaja. · Merancang dan melaksanakan kajian/penelitian ihwal hal apa yang diinginkan remaja sebaya dari orangtua dan keluarga. · Menggali dari alkitab ihwal apa yang Allah inginkan dari keluarga. (Guru mengulas peranan keluarga besar dalam proses sosialisasi dan pendidikannya · Menganalisis hasil penelitian dan mempresentasikan ihwal apa yang diinginkan remaja sebaya dari orangtua dan keluarga Hasil penelitian dibandingkan dengan apa yang Allah inginkan dari keluarga. · Melakukan simulasi ihwal peranan orangtua dalam pendidikannya. · Menjelaskan pengertian keluarga dan apa kiprah Allah untuk keluarga. | 27 JP |
1.2 Menghayati nilai-nilai Kristiani dalam kehidupan keluarga dan pernikahan. 2.2 Mewujudkan nilai-nilai Kristiani dalam kehidupan keluarga dan pernikahan. 3.2. Menganalisis pentingnya nilai-nilai Kristiani dalam kehidupan keluarga dan ijab kabul 4.2. Membuat karya yang berkaitan dengan nilai-nilai kristiani dalam kehidupan keluarga dan ijab kabul | Pernikahan Kristen | · Mengamati ciri-ciri kehidupan keluarga Kristen. · Megamati kehidupan keluarga Katolik yang menerapkan nilai-nilai Kristiani · Mengaitkan hubungan antara nilai-nilai Kristiani dengan pernikahan. · Mengidentifikasi nilai-nilai kristiani dalam kaitannya dengan ijab kabul , khususnya persiapan pernikahan. · Melakukan percakapan/wawancara dengan orang yang sudah berkeluarga dan yang akan berkeluarga terkena makna ijab kabul serta nilai-nilai yang harus dibangun dalam ijab kabul kristen. · Mengkritisi konteks keluarga masa sekarang terutama hubuagan antara anak dengan orang tua, suami dengan isteri, korelasi antara sesama saudara. · Mengkaitkan korelasi antara teks Bibel dengan tanggung jawaban suami-isteri. · Membuat klasifikasi bentuk tantangan yang dialami oleh suami-isteri dalam membangun kehidupan bersama. · Membuat tulisan/ refleksi pendek terkena makna keluarga bagi dirinya. · Membuat kliping terkena kehidupan perkawinan dan banyak sekali duduk kasus yang timbul kemudian mempersembahkan evaluasi dalam bentuk analisis. | 27 JP |
1.3. Mengakui kiprah keluarga dan sekolah sebagai forum pendidikan utama dalam kehidupan masa kini. 2.3 Bersikap kritis dalam menyikapi kiprah keluarga dan sekolah sebagai forum pendidikan dalam kehidupan masa kini 3.3 Memahami kiprah keluarga dan sekolah sebagai forum pendidikan dalam kehidupan modern 4.3. Membuat proyek yang berkaitan dengan peran keluarga dan sekolah sebagai forum pendidikan utama. | - Keluarga dan Sekolah sebagai forum pendidikan utama | · Mengamati peran keluarga dan sekolah, dan pentingnya mengomunikasikan antara keluarga dan sekolah sebagai forum pendidikan utama. · Mengaitkan kiprah keluarga dan sekolah bagi seorang remaja. · Membuat observasi sederhana terkena faktor penyebab putus sekolah dan apa yang sanggup dilakukan untuk mengatasinya. · Menggali pesan Bibel ihwal pendidikan anak (bisa diambil dari Ulangan 6 dan Amsal). · Merumuskan hakekat dan kiprah keluarga dan sekolah sebagai forum pendidikan utama. · Mengajak orangtua membuat akad komitmen partisipasi orangtua dalam proses pendidikannya. · Menyampaikan hasil refleksi ihwal kiprah keluarga dan sekolah sebagai forum pendidikan dalam kehidupan modern. | 24 JP |
1.4 Mengakui bahwa perkembangan kebudayaan, ilmu pengetahuan seni dan teknologi yaitu anugerah Allah. 2.4 Bersikap kritis dalam menghadapi perkembangan kebudayaan, ilmu pengetahuan, seni dan teknologi dengan mengacu pada Alkitab. 3.4 Menilai perkembangan kebudayaan, ilmu pengetahuan, seni dan teknologi dengan mengacu pada Alkitab. 4.4. Membuat karya yang mengkritisi perkembangan kebudayaan, ilmu pengetahuan, seni dan teknologi dengan mengacu pada Alkitab. | - Kebudayaan, ilmu pengetahuan dan teknologi yaitu anugerah Tuhan | · Mengamati dan melaksanakan studi kasus dari pengalaman dan banyak sekali sumber berguru lainnya ihwal kebudayaan, ilmu pengetahuan dan teknologi sebagai anugerah Tuhan. · Mengumpulkan dari banyak sekali sumber apa saja wujud kebudayaan, ilmu pengetahuan dan teknologi yang merugikan kehidupan manusia. · Mendiskusikan kearifan lokal yang sanggup dianggap sebagai kebudayaan yang bisa menjadi filter kebudayaan, ilmu pengetahuan dan teknologi yang sudah dirusak oleh dosa.. Misalnya, filosofi Jawa “alon-alon asal kelakon” yang bermaksud menekankan kehati-hatian sanggup digunakan mengatasi budaya serba instan. Gotong royong yang sanggup digunakan mengatasi individualisme, dsb. · Membandingkan dengan ayat Alkitab - Matius 5:13-16 - 1 Korintus 10: 23 - 1 Yohguas 2:15-16 - Kejadian 11:1-9 · Menyikapi perkembangan kebudayaan, ilmu pengetahuan dan teknologi yang mengacu pada Alkitab. · Membuat poster, puisi, artikel di majalah dinding, lirik lagu, dsb. yang isinya membuat masyarakat menyadari ancaman larut dalam kebudayaan terkenal padahal belum tentu hal itu sesuai dengan nilai-nilai Kristiani. | 24 JP |
Kelas : XII (Dua Belas)
Alokasi waktu : 3 jam x 18 ahad à semester 1
3 jam x 14 ahad à semester 2
Materi:
No | Materi | Jam Pelajaran |
1. | Hak Asasi Manusia sebagai anugerah Tuhan | 27 JP |
2. | Multikultur yaitu pemdiberian Allah | 27 JP |
3. | Demokrasi dan HAM | 21 JP |
4. | Menjadi pembawa tenang sejahtera | 21 JP |
96 JP |
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Pembelajaran | Alokasi Waktu |
1.1 Menerima Demokrasi dan HAM sebagai anugerah Allah. 2.1 Mengembangkan perilaku yang mencerminkan nilai-nilai Demokrasi dan HAM. 3.1.Memahami arti Demokrasi dan HAM serta mengenali banyak sekali bentuk pelanggaran Demokrasi dan HAM yang merusak kehidupan dan kesejahteraan manusia. 4.1 Membuat karya yang berkaitan dengan Menerapkan sikap dan sikap yang menghargai Demokrasi dan HAM. | Pembawa tenang sejahtera - Hak Asasi Manusia sebagai anugerah Tuhan | · Mengamati sedikitnya 5 tragedi di masyarakat yang mengatakan kualitas Demokrasi dan HAM di Indonesia. Boleh menggunakan artikel yang disediakan guru, misalnya, ihwal tabrak lari, atau artikel lain yang menggambar-kan kesewenang-wenangan pihak yang berkuasa, dan dari hasil pengamatan ini membuat penilaian, seberapa jauh masyarakat Indonesia sudah menerapkan Demokrasi dan HAM. · Menceritakan pengalaman berdemokrasi: ikut serta dalam pemilihan ketua Osis, musyawarah dan mufakat di tingkat keluarga, RT/RW, sekolah, gereja, mengikuti Pilkada dan Pemilu. · Membuat analisis: Mengapa pembahasan perihal Demokrasi dan HAM relevan untuk orang Kristen. ( dimenolong dengan ayat Bibel yang dianggap sempurna untuk mendukung wangsit ini.) · Membaca ihwal pemilihan Matias dan Stefanus dalam Kisah Para Rasul (bahwa demi kesejahteraan orang banyak, ada orang-orang yang dipilih dengan persetujuan orang banyak juga, dan Matias serta Stefanus bekerja dengan baik alasannya yaitu sangat bertanggung jawaban untuk kiprah dan pelayanannya) dan menemukan prinsip demokrasi. · Menjelaskan makna Demokrasi dan HAM. · Mengkritisi praktik demokrasi DAN ham di wilayahnya dan di Indonesia serta membandingkannnya dengan ayat Alkitab · Membuat pernyataan tekad: akan berperan serta dalam penegakan Demokrasi dan HAM dalam lingkungan sehari-hari, termasuk lingkungan keluarga dan sekolah. · Bersikap kritis dalam mewujudkan nilai-nilai Demokrasi dan HAM dalam masyarakat dengan mengacu pada teks Alkitab. · Membuat dua proyek untuk menerapkan nilai-nilai Demokrasi dan HAM dalam kehidupan keluarganya dan/atau lingkungannya. · Mengumpulkan gambar-gambar tokoh ham dan demokrasi baik lokal maupun dunia dan menuliskan kesan mereka terhadap tokoh tersebut, apa yang mereka sukai dan pembelajaran demokrasi apa yang mereka dapat. (Minimal 4 tokoh). Dari tiruana tokoh itu, bila diminta memilih, beliau ingin menjadi ibarat siapa dan mengapa? (misal: Misalnya ia menentukan Soekarno, (Minimal 4 tokoh). Dari tiruana tokoh itu, bila diminta memilih, beliau ingin menjadi ibarat siapa dan mengapa? (misal: Misalnya ia menentukan Soekarno, mengapa ia memilihnya). | 27 JP |
1.2. Mensyukuri pemdiberian Allah dalam kehidupan multikultur di Indonesia 2.2. Mengembangkan sikap dan sikap yang menghargai multikultur 3.2. Menganalisis nilai-nilai multikultur. 4.2. Membuat proyek yang berkaitan dengan kehidupan multikultur. | - Multikultur yaitu pemdiberian Allah | · Mempelajari artikel ihwal penyerangan terhadap kelompok tertentu oleh kelompok lainnya, dan menjawaban pertanyaan ihwal artikel tersebut. · Membangun pertanyaan kritis terkena motivasi orang Samaria berbuat baik mengacu pada Injil Lukas 10: 25-37. · Membaca “Bahaya Eksklusivisme dalam masyarakat multikultural,” lalu menciptakan rumusan/ usulan, bagaimana membangun sikap inklusif. · Menelaah pluralisme dari perspektif Bibel contohnya orang Samaria yang murah hati, ibarat tercantum dalam Injil Lukas 10: 25-37. · Merumuskan ihwal pengertian pluralisme, dan pentingnya hal ini dipraktikkan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara di Indonesia. · Menelaah keberadaan atau hakikat ras, etnis, dan gender dari perspektif Alkitab. · Menjelaskan ihwal multikulturalisme. · Mempraktikkan dan memperjuangkan keadilan ras, etnis, dan gender di lingkungan sekolah/gereja/ masyarakat. | 27 JP |
1.3. Menghayati pentingnya keadilan sebagai dasar mewujudkan Demokrasi dan HAM mengacu pada teks Alkitab. 2.3. Mengembangkan rasa keadilan sebagai dasar mewujudkan Demokrasi dan HAM mengacu pada teks Alkitab. 3.3. Menilai pentingnya keadilan sebagai dasar mewujudkan Demokrasi dan HAM pada konteks global dan lokal mengacu pada teks Alkitab. 4.3. Mempresentasikan karya yang berkaitan dengan pentingnya keadilan sebagai dasar mewujudkan Demokrasi dan HAM mengacu pada teks Alkitab. | - Demokrasi dan HAM | · Meneliti teks Bibel yang menulis terkena keadilan, terutama perintah Allah dalam kaitannya dengan keadilan serta tanggapan yang ditanggung bila mengabaikan perintah itu. · Mengamati praktik keadilan di rumah dan di sekolah, apakah keadilan diterapkan di rumah dalam pola asuh orang tua, korelasi antar saudara dan di sekolah dalam kaitannya antara sikap guru dan akseptor didik dan sikap antar sesam akseptor didik. · Menjelaskan arti keadilan khususnya dikaitkan dengan Demokrasi dan HAM. Apakah akseptor didik sudah memparktikkan keadilan dalam dirinya? · Mencari dari banyak sekali sumber terkena praktik keadilan secara global maupun pada aras lokal, dalam gereja maupun pemerintahan. · Kerja kelompok, Mempelajari banyak sekali informasi tersebut serta membuat catatan kritis terkena praktik keadilan, jadikan teks Bibel sebagai contoh apakah praktik keadilan itu menyimpang atau tidak. · Meng kaitkan antara keadilan, Demokrasi dan HAM · Mempresentasikan catatan kritis yang dibentuk saat mempelajari praktik keadilan pada aras global maupun lokal. · Menulis refleksi makna keadilan bagi dirinya, terutama dikaitkan dengan praktik keadilan di rumah maupun di sekolah. | 21 P |
1.4 Menghayati dan enjalankan kiprahnya sebagai pembawa tenang sejahtera dalam kehidupan sehari-hari. 1.4 Bersikap proaktif sebagai pembawa tenang sejahtera dalam kehidupan sehari-hari. 3.4. Menganalisis peran remaja sebagai pembawa tenang sejahtera dalam kehidupan sehari-hari selaku anakdidik Kristus. 1.4. Membuat proyek yang berkaitan dengan kiprah remaja sebagai pembawa tenang sejahtera . | - Menjadi pembawa tenang sejahtera | · Mengamati dari banyak sekali sumber belajar, apakah kehidupan dalam kondisi tenang sejahtera dirasakan di masyarakat. · Mengkritisi: Apa yang akan terjadi bila setiap orang Katolik dibiarkan hidup semau-maunya, tanpa mengindahkan perintah Tuhan Yesus untuk saling mengasihi? · Menjelaskan dengan kata-kata sendiri makna tenang sejahtera dari perspektif Alkitab. · Merancang jadwal yang mengatakan sikap menghargai sesama. · Membuat jadwal untuk 3 bulan ke depan: mempraktikkan tenang sejahtera dalam kehidupan sehari-hari. | 21 P |
0 Response to "Silabus K 2013 Sma /Smk Agama Kristen Revisi 2016"
Posting Komentar