Srandar Isi Kurikulum Agama Kristen Sd
Mata Pelajaran Pendidikan Agama Katolik untuk SD (SD)
A. Latar Belakang
Agama mempunyai tugas yang amat penting dalam kehidupan umat manusia. Agama menjadi pemandu dalam upaya untuk mewujudkan suatu kehidupan yang bermakna, tenang dan bermartabat. Menyadari tugas agama amat penting bagi kehidupan umat insan maka internalisasi agama dalam kehidupan setiap eksklusif menjadi sebuah keniscayaan, yang ditempuh melalui pendidikan baik pendidikan di lingkungan keluarga, sekolah maupun masyarakat.
Pendidikan Agama dimaksudkan untuk peningkatan potensi spritual dan membentuk penerima didik semoga menjadi insan yang diberiman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia. Akhlak mulia mencakup beberapa aspek etika, kebijaksanaan pekerti, dan moral sebagai perwujudan dari pendidikan agama. Peningkatan potensi spritual mencakup beberapa aspek pengenalan, pemahaman, dan penanaman nilai-nilai keagamaan, serta pengamalan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan individual ataupun kolektif kemasyarakatan. Peningkatan potensi spritual tersebut pada alhasil bertujuan pada optimalisasi banyak sekali potensi yang dimiliki insan yang aktualisasinya mencerminkan harkat dan martabatnya sebagai makhluk Tuhan.
Penerapan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar di bidang Pendidikan Agama Kristen (PAK), sangat tepat dalam rangka mewujudkan model PAK yang bertujuan mencapai transformasi nilai-nilai kristiani dalam kehidupan penerima didik pada jenjang pendidikan dasar dan menengah. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar mempersembahkan ruang yang sama kepada setiap penerima didik dengan keunikan yang tidak sama untuk membuatkan pemahaman doktrin kristiani sesuai dengan pemahaman, tingkat kemampuan serta daya kreativitas masing-masing.
Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Pendidikan Agama Katolik bukanlah “standar moral” Katolik yang diputuskan untuk mengikat penerima didik, melainkan dampingan dan bimbingan bagi penerima didik dalam melaksanakan perjumpaan dengan Tuhan Allah untuk mengekspresikan hasil perjumpaan itu dalam kehidupan sehari-hari. Peserta didik mencar ilmu memahami, mengenal dan bergaul dengan Tuhan Allah secara bersahabat alasannya yakni seungguhnya Tuhan Allah itu ada dan selalu ada dan berkarya dalam hidup mereka. Dia yakni Sahabat dalam Kehidupan Anak-anak.
Hakikat Pendidikan Agama Katolik (PAK) menyerupai yang tercantum dalam hasil Lokakarya Strategi PAK di Indonesia tahun 1999 adalah: Usaha yang dilakukan secara bersiklus dan kontinu dalam rangka mengembangkan kemampuan penerima didik agar dengan pinjaman Roh Kudus sanggup memahami dan menghayati kasih Tuhan Allah di dalam Yesus Kristus yang ditetapkan dalam kehidupan sehari-hari, terhadap sesama dan lingkungan hidupnya. melaluiataubersamaini demikian, setiap orang yang terlibat dalam proses pembelajaran PAK mempunyai keterpanggilan untuk mewujudkan gejala Kerajaan Allah dalam kehidupan pribadi maupun sebagai bab dari komunitas.
Pada dasarnya PAK dimaksudkan untuk memberikan kabar baik (euangelion = injil), yang disajikan dalam dua aspek, aspek ALLAH TRITUNGGAL (ALLAH BAPA, ANAK, DAN ROH KUDUS) dan KARYANYA, dan aspek NILAI-NILAI KRISTIANI. Secara holistik, pengembangan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar PAK pada Pendidikan Dasar dan Menengah mengacu pada kepercayaan Allah Tritunggal dan karya-Nya. Pemahaman terhadap Allah Tritunggal dan karya-Nya harus tampak dalam nilai-nilai kristiani yang sanggup dilihat dalam kehidupan keseharian penerima didik.
Berdasarkan pemahaman tersebut, maka rumusan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar PAK di sekolah dibatasi spesialuntuk pada aspek yang secara substansial bisa mendorong terjadinya transformasi dalam kehidupan penerima didik, terutama dalam pengayaan nilai-nilai doktrin kristiani. Dogma yang lebih spesifik dan mendalam diajarkan di dalam gereja.
Fokus Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar berpusat pada kehidupan insan (life centered). Artinya, pembahasan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar didasarkan pada kehidupan manusia, dan doktrin Katolik berfungsi sebagai cahaya yang menerangi tiap sudut kehidupan manusia. Pembahasan bahan sebagai wahana untuk mencapai kompetensi, dimulai dari lingkup yang paling kecil, yaitu insan sebagai ciptaan Allah, selanjutnya keluarga, kawan, lingkungan di sekitar penerima didik, setelah itu barulah dunia secara keseluruhan dengan banyak sekali dinamikanya.
B. Tujuan dan Fungsi
1. Mata pelajaran PAK di SD bertujuan:
a. Memperkenalkan Allah Bapa, Anak dan Roh Kudus dan karya-karya-Nya semoga penerima didik bertumbuh doktrin percayanya dan meneladani Allah Tritunggal dalam hidupnya
b. Menanamkan pemahaman tentang Allah dan karya-Nya kepada penerima didik, sehingga bisa memahami dan menghayatinya
c. Menghasilkan insan Indonesia yang bisa menghayati imannya secara bertanggungjawaban serta berakhlak mulia di tengah masyarakat yang pluralistik.
2. Fungsi
a. Memampukan penerima didik memahami kasih dan karya Allah dalam kehidupan sehari-hari
b. Memmenolong penerima didik mentransformasikan nilai-nilai kristiani dalam kehidupan sehari-hari
C. Ruang Lingkup
Ruang lingkup PAK mencakup aspek-aspek sebagai diberikut.
1. Allah Tritunggal (Allah Bapa, Anak dan Roh Kudus) dan karya-Nya
2. Nilai-nilai kristiani.
Pada jenjang pendidikan SD penerima didik diperkenalkan pada hakikat Allah dan perspektif hubungan-Nya dengan manusia. Allah tidak berkarya di dalam ruang kosong, tetapi berkomunikasi dengan manusia. Allah membina korelasi dengan insan melalui karya-Nya.
D. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
Kelas I, Semester 1
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar |
Nilai-nilai Kristiani | |
1. Menerima dan mensyukuri keberadaan dirinya sebagai ciptaan Allah dalam relasinya dengan ciptaan lain | 1.1 Menerima keberadaan dirinya sebagai pemdiberian Allah 1.2 Menjawaban kasih Allah dengan cara menyayangi keluarganya |
Kelas I, Semester 2
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar |
Nilai-nilai Kristiani | |
2. Menerima dan mensyukuri keberadaan dirinya sebagai ciptaan Allah dalam relasinya dengan ciptaan lain | 2.1 Mensyukuri alam ciptaan Allah dan isinya 2.2 Mensyukuri hidup bersama orang lain |
Kelas II, Semester 1
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar |
Nilai-nilai Kristiani | |
1. Menerapkan makna menyayangi dan menghargai insan dalam kepelbagaian dan perbedaan yang ada | 1.1 Mensyukuri kepelbagaian budaya,suku, agama dan bangsa 1.2 Mengasihi mitra dan guru serta sesama di sekolah dan di sekitarnya |
Kelas II, Semester 2
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar |
Nilai-nilai Kristiani | |
2. Menerapkan makna menyayangi dan menghargai insan dalam kepelbagaian dan perbedaan yang ada | 2.1 Menghargai mitra dan guru serta sesama tanpa memandang perbedaan 2.2 Menolong orang yang sedang menderita yang ada di sekitarnya |
Kelas III, Semester 1
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar |
Allah Tritunggal dan Karya-Nya dan Nilai-nilai Kristiani | |
1. Mendeskripsikan arti mensyukuri pemeliharaan Allah dalam kehidupan keluarga serta memberikan syukur melalui tanggung jawabannya dalam keluarga dan sesama | 1.1 Mensyukuri pemeliharaan Allah pada setiap anggota keluarga 1.2 Memdiberikan yang terbaik bagi keluarga |
Kelas III, Semester 2
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar |
Nilai-Nilai Kristiani | |
2. Mendeskripsikan arti mensyukuri pemeliharaan Allah dalam kehidupan keluarga dan memberikan syukur melalui tanggung jawabannya dalam keluarga dan sesama | 2.1 Turut serta menciptakan hidup rukun dalam keluarga dan sesama 2.2 Memelihara alam ciptaan Allah |
Kelas IV, Semester 1
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar |
Allah Tritunggal dan Karya-Nya | |
1. Memahami dan mengakui kemahakuasaan Allah dalam wujud tindakan insan yang bergantung sepenuhnya kepada Allah | 1.1 Memahami kemahakuasaan Allah 1.2 Mengakui keterbatasannya sebagai insan dan ketergantungannya pada kemahakuasaan Allah |
Kelas IV, Semester 2
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar |
Nilai-Nilai Kristiani | |
2. Memahami dan mengakui kemahakuasaan Allah dalam wujud tindakan insan yang bergantung sepenuhnya kepada Allah | 2.1 Memahami wujud tindakan insan yang sepenuhnya bergantung pada Allah 2.2 Mensyukuri kemahakuasaan Allah |
Kelas V, Semester 1
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar |
Allah Tritunggal dan Karya-Nya | |
1. Menjelaskan bahwa insan berdosa, tetapi diselamatkan Allah melalui penebusan Yesus Kristus | 1.1 Menjelaskan bahwa insan itu berdosa 1.2 Menunjukkan kerinduan memohon ampun |
Kelas V, Semester 2
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar |
Allah Tritunggal dan Karya-Nya dan Nilai-nilai Kristiani | |
2. Menjelaskan bahwa insan berdosa, tetapi diselamatkan Allah melalui penebusan Yesus Kristus | 2.1 Menjelaskan bahwa Allah yakni penyelamat manusia 2.2 Menunjukkan perilaku sebagai orang yang sudah diselamatkan |
Kelas VI, Semester 1
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar |
Nilai-nilai Kristiani | |
1. Menerapkan makna ibadah yang sesungguhnya, khususnya dalam seluruh kegiatan hidup insan | 1.1 Memahami dan menghayati makna ibadah 1.2 Memahami makna kegiatan sehari-hari sebagai ungkapan syukur kepada Allah |
Kelas VI, Semester 2
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar |
Nilai-Nilai Kristiani | |
2. Menerapkan makna ibadah yang sesungguhnya, khususnya dalam seluruh kegiatan hidup insan | 2.1 Memahami makna kegiatan sehari-hari sebagai ungkapan syukur kepada Allah 2.2 Melayani Allah dan sesama sebagai ungkapan syukur kepada Allah |
E. Arah Pengembangan
Standar kompetensi dan kompetensi dasar menjadi arah dan landasan untuk membuatkan indikator pencapaian kompetensi, bahan pokok, kegiatan pembelajaran, yang diharapkan untuk penilaian. Dalam merancang kegiatan pembelajaran dan evaluasi perlu diperhatikan Standar Proses dan Standar Penilaian.
0 Response to "Srandar Isi Kurikulum Agama Kristen Sd"
Posting Komentar