Kapan Eliminasi Itu Dikurang Dan Ditambah?

Eliminasi, mendengar kata eliminasi mungkin yang terpikirkan oleh anda ialah pembatalan atau tersingkir. Eliminasi dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KKBI) berati  pengeluaran, penghilangan, penyingkiran atau pengasingan. Sedangkan mengeliminasi berarti menghapuskan, menghilangkan,  menyingkirkan, memmembuang, mengasingkan, atau menyisihkan. Dalam matematika eliminasi ialah  salah satu tehnik dalam memilih suatu penyelesaian sistem persamaan linear. Tehnik eliminasi biasanya dipakai untuk menyelesaiakan suatu sistem persamaan linear dua variabel maupun tiga variabel

Banyak siswa yang gres mengenal tehnik eliminasi sering salah kaprah, kesalahannya biasanya terletak pada memilih operasi dalam eliminasi. Apakah dikurang atau ditambah? Siswa biasanya cenderung menganggap bahwa mengeliminasi berarti mengurangkan, sehingga dalam mengeliminasi siswa selalu memakai operasi kurang (-). Padahal belum tentu selalu dikurang, alasannya ialah dalam perkara tertentu eliminasi dapat dilakukan dengan operasi tambah (+). Nah, kapan eliminasi itu dikurangkan atau ditambah?

Eliminasi dilakukan dengan menghilangkan salah satu suku yang memunyai variabel atau umumnya orang menyampaikan "dengan menghilangkan salah satu variabel" atau menjadikannya menjadi nol (0). Tekniknya ialah dengan menyamakan koefisien variabel yang akan dieliminasi serta mengurangkan atau menjumlahkan dua persamaan yang dieliminasi. Dikurangkan apabila koefisien dari variabel yang ingin dieliminasi bernilai sama baik dari nilainya ataupun tandanya (positif atau negatif) dan dijumlahkan apabila koefisien dari variabel yang ingin dieliminasi bernilai sama namun tidak sama tanda. Dalam menjumlahkan ataupun mengurangkan dalam eliminasi biasanya digunakkan tehnik bersusun. Untuk lebih memahaminya perhatikan pola diberikut.

Dikurangkan

misal 1
Eliminasi y
Perhatikan, bahwa koefisien y pada kedua persamaan sama-sama bertanda negatif (-), alasannya ialah itu untuk menyebabkan suku yang mempunyai variabel y menjadi nol (0) maka kedua persamaan dikurangkan.

misal 2
Eliminasi x
Perhatikan, bahwa koefisien x pada kedua persamaan sama-sama konkret (+), alasannya ialah itu untuk menyebabkan suku yang mempunyai variabel x menjadi nol (0) maka kedua persamaan dikurangkan.

Dijumlahkan

misal 3
Eliminasi y
Perhatikan, bahwa koefisien y pada kedua persamaan mempunyai tanda yang tidak sama konkret (+) pada persamaan pertama (atas) dan negatif (-) pada  persamaan kedua (di bawah), alasannya ialah itu untuk menyebabkan suku yang mempunyai variabel y menjadi nol (0) maka kedua persamaan dijumlahkan.

misal 4
Eliminasi x
Perhatikan, bahwa koefisien x pada kedua persamaan mempunyai tanda yang tidak sama, alasannya ialah itu untuk menyebabkan suku yang mempunyai variabel x menjadi nol (0) maka kedua persamaan dijumlahkan.

melaluiataubersamaini klarifikasi tadi, untuk kedepannya dalam memakai tehnik eliminasi kita dengan simpel memilih apakah akan ditambah atau dikurangkan dengan kata kunci "jika tandanya sama maka dikurangkan dan kalau tidak sama maka dijumlahkan". Semoga bermanfaa.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kapan Eliminasi Itu Dikurang Dan Ditambah?"

Posting Komentar