Kenapa Plus Pindah Jadi Min Dan Min Pindah Jadi Plus?
Kenapa dalam persamaan plus (+) dipindah jadi min (-) dan min dipindah jadi plus? Mungkin pernah terlintas dipikiran anda pertanyaan tersebut atau mungkin anda pernah ditanya wacana hal itu. Beberapa waktu kemudian saya sempat ditanya oleh seorang mitra dengan pertanyaan yang sama dan reaksi saya pada waktu itu spesialuntuk senyum-senyum saja.
Mungkin ada yang bertanya dari manakah tehnik jitu ini berasal? Untuk mengulas ini kita perlu pahami sifat-sifat dalam menuntaskan suatu persamaan yang bunyinya kurang lebih menyerupai ini
"Suatu persamaan akan bernilai sama apabila ditambah dan dikurang dengan bilangan yang sama". Untuk lebih jelasnya perhatikan pola diberikut
x + 5 = 7
Untuk menuntaskan persamaan di atas kita perlu menghilangkan 5 pada ruas kiri caranya ialah dengan mengurangkan kedua ruas dengan 5 sehingga
x + 5 - 5 = 7 - 5 (kedua ruas dikurang 5)
x + 0 = 2
x = 2
Namun, apabila memakai tehnik yang kita bicarakan sebelumnya. Penyelesaiannya akan menjadi
x = 7 - 5 (+5 pindah ruas menjadi -5)
x = 2
Pada pembelajaran di kelas siswa mungkin susah memahami bahasa sama-sama dikurangkan 5, mereka lebih praktis mendapatkan + 5 pindah jadi - 5. Sehingga tehnik ini terus-menerus dipakai oleh siswa dan banyak guru yang memakai tehnik ini alasannya ialah siswa lebih cepat memahaminya dan penyelesaiannya menjadi lebih cepat. Namun, pada penerapanya siswa spesialuntuk mengerti jikalau + pindah jadi - atau sebaliknya tanpa tahu darimana tehnik ini diperoleh.
Selain itu, ada pula tehnik dari kali pindah ruas jadi bagi atau sebaliknya. Sebenarnya tehnik ini berasal dari sifat-sifat menuntaskan suatu persamaan yang bunyinya kurang lebih "Suatu persamaan akan bernilai tetap sama jikalau kedua ruas dikalikan atau dibagi dengan bilangan yang sama". Sebagai pola perhatikan penyelesaian soal diberikut
Alternatif penyelesaiannya
Mungkin ada yang bertanya dari manakah tehnik jitu ini berasal? Untuk mengulas ini kita perlu pahami sifat-sifat dalam menuntaskan suatu persamaan yang bunyinya kurang lebih menyerupai ini
"Suatu persamaan akan bernilai sama apabila ditambah dan dikurang dengan bilangan yang sama". Untuk lebih jelasnya perhatikan pola diberikut
x + 5 = 7
Untuk menuntaskan persamaan di atas kita perlu menghilangkan 5 pada ruas kiri caranya ialah dengan mengurangkan kedua ruas dengan 5 sehingga
x + 5 - 5 = 7 - 5 (kedua ruas dikurang 5)
x + 0 = 2
x = 2
Namun, apabila memakai tehnik yang kita bicarakan sebelumnya. Penyelesaiannya akan menjadi
x = 7 - 5 (+5 pindah ruas menjadi -5)
x = 2
Pada pembelajaran di kelas siswa mungkin susah memahami bahasa sama-sama dikurangkan 5, mereka lebih praktis mendapatkan + 5 pindah jadi - 5. Sehingga tehnik ini terus-menerus dipakai oleh siswa dan banyak guru yang memakai tehnik ini alasannya ialah siswa lebih cepat memahaminya dan penyelesaiannya menjadi lebih cepat. Namun, pada penerapanya siswa spesialuntuk mengerti jikalau + pindah jadi - atau sebaliknya tanpa tahu darimana tehnik ini diperoleh.
Selain itu, ada pula tehnik dari kali pindah ruas jadi bagi atau sebaliknya. Sebenarnya tehnik ini berasal dari sifat-sifat menuntaskan suatu persamaan yang bunyinya kurang lebih "Suatu persamaan akan bernilai tetap sama jikalau kedua ruas dikalikan atau dibagi dengan bilangan yang sama". Sebagai pola perhatikan penyelesaian soal diberikut
Penyelesaian
Alternatif penyelesaiannya
Namun, tehnik ini kurang terkenal dibandingkan tehnik "min pindah jadi plus"
0 Response to "Kenapa Plus Pindah Jadi Min Dan Min Pindah Jadi Plus?"
Posting Komentar