Kompetensi Inti Dan Dasar Sd Kurikulum 2013
KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR
PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DAN BUDI PEKERTI
SEKOLAH DASAR (SD)
KELAS: I
KOMPETENSI INTI | KOMPETENSI DASAR |
1. Menerima dan menjalankan anutan agama yang dianutnya. | Allah Tritunggal 1.1 Menerima dan mensyukuri dirinya sebagai pemdiberian Allah, dan sebut kegunaan anggota-anggota tubuhnya dengan aneka macam cara. |
1. Memiliki sikap jujur, disiplin, tanggung jawaban, santun, peduli, dan percaya diri dalam diberinteraksi dengan keluarga, kawan, dan guru. | Nilai-nilai Kristiani 2.1 Menerima dan merespons kasih Allah dengan cara mencintai kawan, keluarganya, bersikap baik dan hormat pada keluarga. 2.2 Menerima dan mensyukuri hidup bersama dengan orang lain dengan cara menghargai dan mencintai mitra dan orang lain yang ada di sekitarnya. |
2. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya menurut rasa ingin tahu wacana dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah | 3.1 Menerima dan mensyukuri alam ciptaan Allah melalui doa, permainan, nyanyian dan tindakan sederhana. |
3. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang terang dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan sikap anak diberiman dan berakhlak mulia | |
KELAS: II
KOMPETENSI INTI | KOMPETENSI DASAR |
1. Menerima dan menjalankan anutan agama yang dianutnya. | Allah Tritunggal 1.1 Menghayati dan mensyukuri pemeliharaan Allah pada dirinya dan anggota keluarganya melalui doa, puisi, membuat gambar atau karya sederhana. |
2. Menunjukkan sikap jujur, disiplin, tanggung jawaban, santun, peduli, dan percaya diri dalam diberinteraksi dengan keluarga, kawan, dan guru. | Nilai-nilai Kristiani 2.1 Menyebutkan tanggung tanggapan dalam keluarga melalui tindakan sederhana: melakukan kiprah di rumah dan memmenolong sesuai usia dan kemampuannya |
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya menurut rasa ingin tahu wacana dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah | 3.1 Menyebutkan cara menjaga kerukunan di lingkungan sekitar kawasan tinggal dengan memdiberi salam pada orang yang lebih tua, bermain dengan mitra di sekitar rumah dalam suasana tenang dan harmonis. |
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang terang dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan sikap anak diberiman dan berakhlak mulia | 4.1 Menerapkan tanggung tanggapan dalam keluarga melalui tindakan sederhana: melakukan kiprah di rumah dan memmenolong sesuai usia dan kemampuannya. 4.2 Menerima dan menerapkan hidup rukun di sekolah dengan cara menjaga ketenangan dan disiplin di kelas. |
KELAS: III
KOMPETENSI INTI | KOMPETENSI DASAR |
1. Menerima dan menjalankan anutan agama yang dianutnya. | Allah Tritunggal 1.1 Menerima dan memahami kehadiran Allah dalam peristiwa-peristiwa alam. |
2. Memiliki sikap jujur, disiplin, tanggung jawaban, santun, peduli, dan percaya diri dalam diberinteraksi dengan keluarga, kawan, tetangga, dan guru | Nilai – nilai Kristiani 2.1 Menghayati dan mensyukuri kepelbagaian budaya, suku, agama dan bangsa sebagai pemdiberian Allah. 2.2 Menghargai dan mencintai sesama insan dalam aneka macam perbedaan serta menolong orang lain yang sedang menderita atau membutuhkan pertolongan. |
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya menurut rasa ingin tahu wacana dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan kawasan bermain | 3.1 Memahami kehadiran Allah melalui keberagaman flora, fauna dan iklim di sekitarnya, dengan cara mencari dan menemukan dari aneka macam sumber. |
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang terang dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan sikap anak diberiman dan berakhlak mulia | 4.1 Memelihara alam ciptaan Allah di sekitarnya dengan menyiram tanaman, membuat karangan sederhana atau puisi wacana memelihara alam. |
KELAS: IV
KOMPETENSI INTI | KOMPETENSI DASAR |
1. Menerima, menjalankan, dan menghargai anutan agama yang dianutnya. | Allah Tritunggal 1.1 Memahami kemaha-kuasaan Allah dalam aneka macam insiden kehidupan: ulang tahun, gagal, dan sukses 1.2 Memahami dan mengakui keterbatasan dirinya sebagai manusia. Nilai-nilai Kristiani 1.3 Menghayati dan mensyukuri kebergantungannya pada kemahakuasaan Allah. |
2. Memiliki sikap jujur, disiplin, tanggung jawaban, santun, peduli, dan percaya diri dalam diberinteraksi dengan keluarga, kawan, tetangga, dan guru. | |
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya menurut rasa ingin tahu wacana dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan kawasan bermain | |
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang terang dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan sikap anak diberiman dan berakhlak mulia | 4.1 Menghayati dan menerapkan kesepakatan sebagai orang yang percaya kepada kemaha-kuasaan Allah |
KELAS: V
KOMPETENSI INTI | KOMPETENSI DASAR |
1. Menerima, menghargai, dan menjalankan anutan agama yang dianutnya | Allah Tritunggal 1.1 Menjelaskan bahwa insan berdosa sudah diselamatkan oleh Yesus Kristus. 1.2 Menjelaskan kiprah Roh Kudus dalam proses pertobatan dengan mencar ilmu dari tokoh Alkitab. |
2. Memiliki sikap jujur, disiplin, tanggung jawaban, santun, peduli, percaya diri, dan cinta tanah air dalam diberinteraksi dengan keluarga, kawan, tetangga, dan guru | 2.1 Menerapkan hidup sebagai orang yang sudah diselamatkan dengan cara menjadi contoh bagi orang lain. |
3. Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati dan mencoba [mendengar, melihat, membaca] serta menanya menurut rasa ingin tahu secara kritis wacana dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan kawasan bermain | Nilai-nilai Kristiani 3.1 Menyebutkan ciri-ciri orang yang sudah bertobat: hidup jujur dan benar di hadapan Allah dan sesama. |
4. Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang terang dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan sikap anak diberiman dan berakhlak mulia | Nilai-nilai Kristiani 4.1 Membuat refleksi wacana pertobatan insan melalui puisi atau doa. |
KELAS: VI
KOMPETENSI INTI | KOMPETENSI DASAR |
1. Menerima, menghargai, dan menjalankan anutan agama yang dianutnya | Allah Tritunggal 1.1 Menjelaskan dan menghayati hakekat ibadah dengan cara membiasakan diri mengikuti ibadah di Sekolah Minggu, setia berdoa dan membaca Alkitab. |
2. Memiliki sikap jujur, disiplin, tanggung jawaban, santun, peduli, percaya diri, dan cinta tanah air dalam diberinteraksi dengan keluarga, kawan, tetangga, dan guru | Nilai-nilai Kristiani 2.1 Mengamalkan sikap melayani sesama sebagai ungkapan ibadah kepada Allah. |
3. Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati dan mencoba [mendengar, melihat, membaca] serta menanya menurut rasa ingin tahu secara kritis wacana dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan kawasan bermain | |
4. Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang terang dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan sikap anak diberiman dan berakhlak mulia | 4.1 Mengevaluasi perwujudan ibadah sejati dalam sikap hidup sehari-hari melalui refleksi dan penilaian diri |
0 Response to "Kompetensi Inti Dan Dasar Sd Kurikulum 2013"
Posting Komentar