Bagi Yang Belum Ukg, Siap-Siap Ikut Ukg Desember Ini

Uji Kompetensi Guru (UKG) yang diselenggarakan oleh Kemdikbud beberapa hari yang kemudian sudah usai. UKG yang diselenggarakan mulai tanggal 9 Nopember sampai berakhir 27 Nopember 2015 kemudian ini dilakukan secara online maupun offline. UKG tahun 2015 akan dijadikan sebagai dasar pemetaan kompetensi guru.

Meskipun banyak duduk perkara teknis maupun nonteknis dilapangan, UKG tahun ini sanggup dikatakan berjalan lancar. Dari empat kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang guru, UKG tahun ini spesialuntuk menguji 2 diantaranya yaitu kompetensi Pedagogik dan Profesional. Sementara dua lainnya yaitu kompetensi Kepribadian dan Sosial tidak diujikan. melaluiataubersamaini format soal pilihan ganda serta jumlah soal yang tidak sama-beda ditiap mata pelajaran yaitu 60 sampai 100 soal. Diharapkan guru yang mengikuti UKG bisa menjawabannya dengan baik dengan waktu yang didiberikan selama 2 jam atau 120 menit.

Di sisi lain, UKG yang diselenggarakan beberapa hari yang lalu, ternyata masih ada guru yan belum mengikuti UKG. Hal ini terkait dengan hambatan teknis yang terjadi sebelumnya. Dikutip dari situs resmi Kemdikbud "guru-guru yang ingin mengikuti UKG susulan sanggup mendaftarkan diri dan melaksanakan verifikasi ulang ke dinas pendidikan di wilayahnya masing-masing. Verifikasi yang dilakukan harus valid, biar tidak terulang lagi kesalahan verifikasi, ibarat adanya perbedaan antara mata pelajaran yang diampu guru dengan yang keluar dikala uji kompetensi, atau mata pelajarannya benar, namun jenjang pendidikan pada soal yang keluar di UKG tidak sama." UKG susulan yang tengah disiapkan oleh Kemdikbud akan diselenggarakan pada tanggal 11 sampai 14 Desember 2015. UKG susulan ini dilaksanakan untuk mengakomodir guru-guru yang belum terdaftar pada UKG.

Ditegaskan sekali lagi bahwa tidak ada hukuman yang didiberikan kepada guru yang mempunyai nilai jelek dalam UKG. UKG, ditujukan untuk bercermin, dan memotret serta menganalisa peta kompetensi individu masing-masing guru. Tindak lanjut dari UKG 2015 yaitu berupa pendidikan dan petes (diklat) yang lebih terarah untuk guru-guru sesuai dengan pemetaan yang dihasilkan dari UKG.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bagi Yang Belum Ukg, Siap-Siap Ikut Ukg Desember Ini"

Posting Komentar