Juknis Pendataan Penerima Un 2019 Pdf Tahun Pelajaran 2018/2019 (Sd/Mi Smp/Mts Sma/Ma Smk/Mak)

Juknis Pendataan Peserta UN 2019 SD/MI SMP/MTs SMA/MA SMK/MAK PDF merupakan petunjuk teknis yang dipakai sebagai pedoman dalam mendata siswa calon penerima Ujian Nasional tahun pelajaran 2018/2019 tingkat  pendidikan dasar dan menengah yang ditujukan untuk semua pihak terkait di tingkat provinsi, kota/kabupate,  forum sekolah/madrasah. Juknis ini mempunyai bahan pendukung utama yaitu, pendahuluan, kiprah dan tanggungjawab, mekanisme, klarifikasi umum, serta jadwal pendataan.
MAK PDF merupakan petunjuk teknis yang dipakai sebagai pedoman dalam mendata siswa calon Juknis Pendataan Peserta UN 2019 PDF Tahun Pelajaran 2018/2019 (SD/MI SMP/MTs SMA/MA SMK/MAK)
Juknis Pendataan UN
Pendataan calon penerima ujian sudah menjadi kegiatan setiap tahunnya, tentu saja hal ini bukan menjadi persoalam yang serius bagi rekan-rekan operator yang sudah terbiasa mengerjakannya. Tetapi terkadang ada beberapa hal yang diperbaharui dalam aplikasinya oleh tim manajeman puast puspendik ketika memasuki tahun pedoman gres dengan tujuan menyebabkan sistem lebih berkembang dan gampang dipakai oleh pengguna khususnya meraka yang menjadi petugas pendataan.

Beriku ini beberapa bahan klarifikasi dalam juknis pendataan calon penerima un 2018/ 2019, bila ingin lebih lemgkapnya silahkan unduh di bab bawahnya.

Mekanisme dan Alur pendataan
1) Pendataan tingkat pendidikan SMP, SMA, SMPTK, SMTK, SMK, SMAK, dan SLB dikerjakan melalui aplikasi kemdikbud DAPODIK DIKDASMEN (Data Pokok Pendidikan Dasar dan Menengah).

2) Pendataan tingkat MA, MTs, Wustha, Pondok Pesantren Salafiyah dan Ulya diproses melalui Pendis Education Management Information System.

3) Pendataan tinkat Paket B dan Paket C (SKB/ Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat) diproses lewat aplikasi DAPO PAUD DIKMAS.

4) PONPES yang melakukan pendidikan kesetaraan dengan melalui ijin operasional pendirian dari Dinas Pendidikan akan di data melalui DAPO PAUD & DIKMAS, bila ijin pendirian dari KEMENAG didata lewat EMIS.

5) Perbaikan data siswa contohnya ibarat nama siswa, daerah lahir, tanggal lahir, dan NISN sanggup dilakukan pada dikala proses registrasi calon penerima ujian nasional dalam sistem Verval PD untuk indentitas lainnya Dapodik. Madrasah dan Pondok Pesantren Salafiyah seluruhnya dilakukan pada sistem EMIS.

6) Alamat website laman pendataan UN 2019 sebagai berikut.
Alamat Pendataan
7) Calon penerima yang berasal dari Sekolah di luar negeri atau Pondok Pesantren Mu’adalah yang tidak mempunyai SHUN/Ijazah jenjang sebelumnya wajib mempunyai Surat Keterangan Kesetaraan dari instansi yang berwenang (Kemdikbud atau Kemenag).

8) Pencatuman bulan lahir sesuai Kamus Besar Bahasa Indonesia.

9) Pengkodean nomer penerima UN untuk arahan sekolah dirubah dari tiga menjadi empat digit angka dengan menambahkan angka nol di awal dan termasuk arahan nomer urut siswa. Lihat gambar berikut ini.
Pengkodean
Alur proses pengolahan data calon penerima ujian nasional dilakukan dengan melalui DAPODIK – PDUN, yaitu ibarat yang terlihat pada skema dibawah ini.
Alur Pendataan
Sekolah/SKB/PKBM memuktahirkan data siswa/sekolah pada sistem DAPODIK dan Verval PD, mengunduh file *.DZ/berita acara/DCP dari laman pdun.data.kemdikbud.go.id;  Satuan pendidikan menyerahkan BA dan DCP ke pengawas sekolah untuk di verifikasi dan validasi data calon penerima UN (CAPESUN);  Satuan pendidikan mendaftarkan CAPESUN ke Pengelola data kabupaten/kota atau Cabang Dinas Provinsi dengan melampirkan file *.DZ/*.EZ, BA, dan DCP.

Juknis Pendataan UN 2019 PDF Tahun Pelajaran 2018/2019 (SD/MI SMP/MTs SMA/MA SMK/MAK) >> DOWNLOAD

Demikian paparan singkat juknis pendataan calon penerima UN 2019, terimakasih.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Juknis Pendataan Penerima Un 2019 Pdf Tahun Pelajaran 2018/2019 (Sd/Mi Smp/Mts Sma/Ma Smk/Mak)"

Posting Komentar